10 Manfaat Oke Buah Naga buat Kesehatan dan Kecantikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
buah naga. ANTARA

buah naga. ANTARA

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah naga termasuk buah tropis yang populer. Selain bentuknya yang unik dan rasanya yang enak, banyak manfaat buah naga yang mungkin tidak kita ketahui.

Buah naga kaya vitamin C, B1, B2, B3, dan mineral-mineral esensial, seperti fosfor, zat besi, dan kalsium. Satu buah naga hanya mengandung sekitar 60 kalori sehingga tak perlu takut akan merusak diet. Berikut ini manfaat buah naga bagi kesehatan.

Artikel terkait:

Tips Bikin Kulit Cerah dengan Buah Naga

1. Sumber antioksidan yang kuat
Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan kuat dapat membantu tubuh menyingkirkan semua radikal bebas dan zat-zat yang dapat memproduksi sel kanker. Buah naga adalah sumber antioksidan yang membantu mengurangi efek merusak sel dari radikal bebas dalam tubuh.

2. Sangat baik untuk kulit
Kandungan antioksidan yang banyak dalam buah naga juga sangat efektif menjaga kulit dari penuaan dini. Memakan buah naga tak hanya menjaga kulit tetap kencang, tapi juga terlihat muda dan sehat. Selain dikonsumsi langsung, buah naga juga baik untuk kulit dengan membuatnya menjadi masker wajah. Campurkan buah naga dengan madu, oleskan di kulit selama 15-20 menit. Cara alami ini bisa menjadi alternatif untuk menggantikan masker anti-penuaan yang harganya mahal.

3. Memperlancar sistem peredaran darah
Di dunia yang sibuk dan penuh stres, banyak orang memiliki masalah serius dengan kesehatan sistem peredaran darah. Mengonsumsi buah naga dapat membantu menjaga kesehatan sistem peredaran darah dengan mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam darah. Buah ini juga kaya lemak tak jenuh tunggal yang menjaga jantung selalu dalam kondisi terbaiknya.

4. Membantu mengontrol kadar gula darah
Buah naga sumber serat yang fantastis, sehingga sangat bermanfaat menstabilkan kadar glukosa dalam darah dengan menekan lonjakan gula darah. Namun, untuk penderita diabetes, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memasukkannya dalam menu makanan.

buah naga (pixabay.com)

5. Melancarkan pencernaan
Buah naga sumber serat yang baik. Serat sangat bermanfaat untuk membersihkan sistem pencernaan, memperbaiki sistem pencernaan yang kurang bagus, dan menyembuhkan sembelit.

6. Melembapkan kulit yang terbakar matahari
Kulit yang gosong karena terbakar sinar matahari kadang cukup mengganggu penampilan. Untuk mengembalikan warna kulit yang gosong, campurkan buah naga dengan madu dan mentimun, lalu oleskan pada kulit yang menghitam. Karena tinggi vitamin B3, buah naga melepaskan panas dan melembapkan kulit yang terbakar matahari.

7. Mengobati jerawat
Kandungan vitamin C pada buah naga membuatnya mampu mengobati jerawat. Haluskan beberapa potong buah naga, oleskan pada wajah, lalu bilas dengan air. Lakukan dua kali sehari untuk hasil maksimal.

8. Meringankan radang sendi
Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari buah naga adalah membantu meringankan radang sendi. Buah naga dikenal sebagai buah anti-peradangan sehingga orang yang menderita radang sendi dianjurkan menambahkan buah naga dalam menu makan sehatnya.

Baca juga:

Atasi 4 Masalah Kulit dengan Buah Naga

9. Baik untuk kesehatan mata
Buah naga juga kaya vitamin A dalam bentuk karoten yang dibutuhkan retina mata. Kebanyakan masalah pada mata, khususnya penurunan penglihatan yang berkaitan dengan usia, disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Makan buah naga dapat meningkatkan pandangan mata.

10. Menjaga kelembapan rambut
Oleskan jus buah naga di kulit kepala lalu bilas setelah 15-20 menit. Perawatan ini membantu melindungi kelembapan rambut, terutama rambut berwarna yang dicat dengan bahan kimia. Rambut pun akan menjadi halus dan sehat.

TABLOID BINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."