Kaki Jessica Simpson Bengkak saat Hamil Berisiko Preeklamsia

Di bulan April 2010, Jessica Simpson bercerita kepada Ellen DeGeneres bahwa ia hanya menggosok giginya tiga kali dalam seminggu. "Gigiku sangat putih dan aku tidak suka jiga merasa terlalu licin, tapi aku selalu menggunakan Listerine dan menggunakan dental floss setiap hari," ujarnya. Paul Archuleta/FilmMagic

kesehatan

Kaki Jessica Simpson Bengkak saat Hamil Berisiko Preeklamsia

Rabu, 23 Januari 2019 19:01 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak perubahan yang terjadi selama hamil, termasuk kaki dan pergelangan kaki yang bengkak, seperti yang dialami Jessica Simpson. Aktris 38 tahun itu, sedang mengandung anak ketiganya. Dia mengunggah foto di Instagram, yang menunjukkan kaki dan pergelangan kakinya yang bengkak. "Ada solusi ?! Tolong !!!!" tulisnya dalam keterangan foto itu.

Baca juga: Risiko Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil dan Bayi

Menurut ginekolog di Dallas, Amerika Serikat, Jessica Shepherd, kaki dan pergelangan kaki yang bengkak sangat umum terjadi selama kehamilan. Hal ini bisa disebabkan karena retensi cairan, perubahan hormon, dan tekanan dari rahim pada pembuluh darah yang mengganggu kembalinya darah ke jantung.

Jika mengalami hal itu, seperti Jessica Simpson, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan bengkak menurut Christine Greves, seorang dokter bersertifikat di Inggris. Misalnya menopang kaki Anda dengan bantal saat Anda tidur, menghindari berdiri dalam waktu lama, beristirahat atau tidur menghadap sisi kiri dan mengenakan stoking kompresi atau selang pendukung, kata Greves.

Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki juga cenderung menjadi lebih buruk pada akhir hari karena sebagian besar wanita berdiri. "Diet Anda juga dapat berkontribusi," kata Shepherd seperti dikutip dari laman Womens Health. Itulah sebabnya ia merekomendasikan untuk membatasi asupan kafein dan natrium,  yang keduanya dapat membuat tubuh menahan air.

Meski normal selama kehamilan, kaki dan pergelangan kaki yang bengkak juga bisa menjadi tanda preeklampsia, komplikasi kehamilan yang serius dan berpotensi fatal yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Tanda-tanda lain termasuk kelebihan protein dalam urin Anda, tekanan darah tinggi, sakit kepala, penglihatan kabur, dan nyeri perut bagian atas, menurut National Institutes of Health.

Beberapa bulan yang lalu, bintang Real Housewives dari Atlanta, Kenya Moore berbagi foto kakinya yang membengkak di Instagram dan mengungkapkan bahwa ia didiagnosis menderita preeklampsia setelah sebelumnya menertawakan gejala-gejalanya. Dia akhirnya harus melahirkan bayinya lebih awal. Beyonce baru-baru ini mengungkapkan bahwa dia menderita preeklampsia selama kehamilan juga.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang hal ini pada jadwal kunjungan berikutnya. Juga, jika Anda mengalami pembengkakan bersamaan dengan sakit kepala dan perubahan visual. "Jangan menunggu jika Anda merasa tidak benar, jika Anda kehabisan napas, jika pembengkakannya menyakitkan, atau jika satu sisi atau yang lain sakit," kata Greves.