7 Tips Meredakan Otot Leher yang Tegang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita memegang leher / leher sakit. loyolamedicine.org

Ilustrasi wanita memegang leher / leher sakit. loyolamedicine.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernah merasakan rasa sakit tepat di leher saat bangun di pagi hari karena salah bantal? Orang-orang memang biasa menyebut kondisi ini "salah bantal" atau tengeng. Dalam bahasa medis, kondisi ini dikenal engan nama tortikolis. 

Tortikolis sebenarnya dapat terjadi saat kelahiran bayi, trauma atau benturan, dan kebiasaan posisi tidur yang buruk. Tortikolis terjadi karena adanya gangguan kontraksi pada otot-otot leher. Untuk mengatasi rasa nyeri di leher karena salah bantal ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Baca juga:

Ikuti Gerakan Yoga Wajah untuk Melatih Otot
Tak Sempat Senam Aerobik, Ikuti 6 Gerakan Latihan Berikut

 

#Dipijat
Memijat bagian bahu dan leher dengan lembut membantu menghilangkan rasa nyeri karena otot yang tegang tersebut. Pijatan yang dilakukan harus lembut.

#Peregangan otot
Lakukan peregangan otot dengan pergerakan ke arah berlawanan agar otot yang memendek dapat tertarik kembali ke fungsinya yang memanjang saat relaksasi. Tapi ingat, peregangan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan otot.

#Istirahatkan otot yang terasa nyeri
Cara ketiga adalah dengan mengurangi gerakan pada otot yang tegang tersebut untuk mengistirahatkan otot sehingga proses pemulihan menjadi lebih cepat.

#Latih gerak
Setelah otot diberikan istirahat beberapa waktu, lanjutkan dengan melatih gerakan-gerakan ringat untuk menghindari kekakuan pada leher.

#Jangan memutar kepala atau membunyikan leher
Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk membunyikan leher atau memutar kepala. Kebiasaan ini harus dihentikan karena akan menimbulkan cedera pada otot serta saraf di leher.

Artikel lain:

3 Gerakan Pilates untuk Mengencangkan Bokong

#Dikompres
Cara keenam adalah dengan mengompres leher yang terasa nyeri. Walaupun sampai sekarang masih cukup banyak perdebatan tentang pemilihan cara kompres, yaitu antara dingin atau hangat, cara ini salah satu yang sering digunakan karena mampu merelaksasi otot leher yang tegang serta memberikan rasa nyaman.

#Gunakan bantal tidur yang tepat
Selain upaya penanggulangan rasa sakit pada leher, gunakan bantal yang tepat untuk tidur. Gunakanlah bantal yang mengganjal kepala secukupnya, tidak terlalu tinggi, dan juga tidak terlalu rendah.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."