Kutu Rambut Menular, Basmi dengan Masker Minyak Sayur

Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

kecantikan

Kutu Rambut Menular, Basmi dengan Masker Minyak Sayur

Minggu, 11 November 2018 20:21 WIB
Reporter : Yunia Pratiwi Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kutu rambut sangat menjengkelkan. Bukan cuma gatal tapi kutu rambut bisa bikin malu karena menular. Kutu adalah serangga parasit yang panjangnya sekitar 2 sampai 3 milimeter.

Baca:Susi Pudjiastuti: Pakai Garam Supaya Rambut Bervolume, Caranya...

Kutu biasanya ditemukan di pangkal dan batang rambut yang juga tempatnya bertelur dan berkembang biak. Gejala utama rambut yang menjadi sarang kutu adalah rasa gatal yang menyengat. Kutu bertahan hidup dengan menyedot darah melalui kulit kepala.

Kendati kutu tidak mematikan, hewan ini bisa menyebar dan mudah berpindah dari satu orang ke orang lain. Misalnya dengan berbagi peralatan kecantikan, seperti sisir, ikat kepala, atau jepit rambut. Ada obat atau sampo di pasaran yang menjanjikan dapat membasmi kutu. Tapi ada juga yang percaya dengan resep membasmi kutu secara tradisional dan membuat ramuannya sendiri di rumah.

Pembasian kutu secara tradisional menggunakan bahan-bahan yang lebih aman dan alami, serta hemat. Ada sejumlah cara untuk membasmi kutu, seperti minyak pohon teh, alkohol, baby oil, minyak zaitun, minyak kelapa, cuka, soda kue, petroleum jelly, sampai minyak sayur.

Kutu Rambut

Kamu bisa membasmi kutu dengan memanaskan minyak sayur sampai bersuhu hangat. Gunakan minyak sayur tersebut untuk memijat kepala kepala secara menyeluruh. Tutup rambut dengan handuk atau penutup kepala sehingga minyak sayur tidak mengotori bantal. Biarkan semalaman. Esok pagi, cuci rambut seperti biasa dengan menggunakan sampo.

Kamu juga bisa membuat ramuan tradisional yang efektif membasmi kutu. Mengutip laman Boldsky, bahan-bahan yang diperlukan adalah 2 sendok makan minyak sayur, 1 sendok makan minyak zaitun, 10 sampai 12 tetes minyak kayu putih, dan 1 sendok teh minyak kelapa. Bahan lainnya adalah shower cap, sampo, sisir, dan kondisioner.

Campur bahan-bahan tadi kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. Biarkan semalaman. Tutup kepala dengan shower cap. Besok pagi, keramas dengan sampo dan kondisioner. Selain melembutkan rambut, ramuan ini juga efektif membasmi kutu. Tapi hati-hati jika ada luka atau lecet di kulit kepala.

Artikel lainnya:Anne Avantie: Rambut Saya Begini Terus, tapi Mahal