Berapa Suhu yang Tepat Saat Mencatok Rambut?

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Rabu, 28 November 2018 09:09 WIB
Berapa Suhu yang Tepat Saat Mencatok Rambut?

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu kondisi yang cukup menantang ketika mencatok adalah rambut tidak menuruti bentuk yang diinginkan. Kalau sudah begini, biasanya pencatokan akan diulang beberapa kali sampai model rambut sesuai selera.

Baca: Anne Avantie: Rambut Saya Begini Terus, tapi Mahal

Proses pencatokan berulang kali tentu membuat rambut terpapar panas lebih lama dan itu akan merusak rambut. Terlebih rambut yang diwarnai, maka cat rambut tak akan bertahan lama. Salah satu kunci dalam memilih alat pencatok rambut dan menentukan gaya rambut sesuai keinginan adalah berapa suhu yang dihasilkan alat tersebut?

Head of Education and Business Development ghd atau good hair day Asia -label alat pencatok rambut, Robert Resnick mengatakan temperatur ideal yang dihasilkan alat pencatok rambut adalah 185 derajat celcius. "Lebih dari itu rambut rusak, kurang dari itu stylingnya berantakan," kata Resnick di acara peluncuran ghd Glacial Blue Limited Edition Collection di Jakarta, Rabu 21 November 2018.

Head of Education and Business Development ghd Asia, Robert Resnick; General Manager Marketing ghd Indonesia, Nichi R Octania; dan Public Relation Manager ghd Indonesia, Patadantra T Yudha di acara "Discover the Future of Hair with ghd" di SCENIC Bar & Lounge, Sahid Centre, Sudirman, Jakarta, Rabu, 21 November 2018.

Dia menjelaskan, bagian riset ghd yang bermarkas di London, Inggris, telah meneliti macam-macam karakter rambut dari berbagai ras. Rambut tebal, tipis, keriting, lurus, dan dari ras manapun memiliki bentuk dan tekstur berbeda, tapi struktur keratinnya sama.

Baca juga:
JFW 2019, 55 Hair Stylist Ditantang Menata Rambut Cepat dan Keren

"Setelah diuji, suhu 185 derajat adalah yang paling baik dan aman buat rambut," kata dia. Penentuan angka 185 derajat celcius, Resnick melanjutkan, juga telah mempertimbangkan temperatur yang bisa diterima tubuh -terutama kulit kepala, dan berbagai tipe rambut.

Penata rambut menggunakan alat pencatok untuk styling rambut. TEMPO | Rini K

Resnick melanjutkan, alat pencatok ghd Glacial Blue Limited Edition Collection menerapkan teknologi ultra-zone dan mampu memprediksi kebutuhan suhu secara tepat untuk rambut tebal atau tipis. "Panas yang dihasilkan merata dan stabil di suhu 185 derajat celcius," katanya.

Dengan begitu, dia mengatakan, dalam tempo 20 detik rambut akan mengikuti bentuk yang diinginkan dan temperatur alat catok tidak melewati suhu 185 derajat celcius. Ketika alat catok tidak dipakai dalam 30 menit, maka fitur sleep mode pada alat tersebut otomatis menyala.

Artikel lainnya:
Susi Pudjiastuti: Pakai Garam Supaya Rambut Bervolume, Caranya...