4 Tips Cegah Konflik Keuangan Suami Istri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi karyawan membuka dompet. Shutterstock

Ilustrasi karyawan membuka dompet. Shutterstock

IKLAN

3. Merancang daftar pengeluaran bersama
Suami istri mesti duduk bersama untuk membuat daftar pengeluaran keluarga. Rinci setiap pengeluaran dalam sebulan. Apa saja yang diperlukan dan berapa biayanya? Apakah pengasilan suami dan istri cukup untuk membiayai semua itu? Jika masih kurang, cari tahu bagaimana solusinya.

Selain mengetahui apa saja yang diperlukan dan berapa anggarannya, daftar pengeluaran bulanan ini juga dapat mengidentifikasi apa saja hal-hal yang tidak diperlukan untuk berhemat.

4. Membahas keuangan keluarga setiap pekan
Bahas kondisi keuangan keluarga setiap minggu dan fokus pada pengeluaran di pekan tersebut. "Berapa besar pengeluaran, apakah ada pengeluaran lain di luar yang sudah dianggarkan?" ucap Safir Senduk. Dalam kondisi ini, suami dan istri harus terbuka.

Kalau ada yang membelanjakan uang melebihi anggaran, sampaikan baik-baik kepada pasangan untuk apa dan berapa besarnya. Kecuali untuk kebutuhan keluarga yang mendesak, taatilah daftar pengeluaran bersama.

AURA

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."