5 Tips Kenali Kosmetik Ilegal dan Apa Bahayanya

Ilustrasi belanja kosmetik. Boldsky

kecantikan

5 Tips Kenali Kosmetik Ilegal dan Apa Bahayanya

Minggu, 9 Desember 2018 07:01 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kosmetik ilegal atau oplosan tidak mengantongi sertifikat aman dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM. Kosmetik ilegal yang paling banyak beredar merupakan jenis produk perawatan kulit dan makeup.

Baca: Lika-liku Sampai Jadi Kosmetik Halal dan Baik

Tak cuma merek yang abal-abal, kosmetik ilegal juga termasuk pemalsuan terhadap merek-merek kosmetik yang sudah populer di masyarakat. Lantas bagaimaan kita mengenali suatu kosmetik itu palsu atau asli? Berikut ini tipsnya seperti dikutip dari Gymbuddy:

1. HargaIni yang paling mudah diketahui. Kamu patut curiga jika mendapatkan prodok kosmetik yang harganya jauh di bawah banderol yang biasa dibeli.

2. TeksturBiasanya tekstur produk yang asli lebih halus dibanding tekstur kosmetik palsu. Terutama untuk makeup, yang palsu akan memiliki tekstur lebih kasar dan aroma produk seperti lilin dan pahit. Sedangkan makeup yang asli tidak mengeloarkan aroma menyengat.

3. Toko resmiBelilah kosmetik di toko-toko resmi sehingga terjamin keasliannya. Toko resmi adalah agen atau distributor yang merupakan kepanjangan tangan dari pabrik atau perusahaan yang mengeluarkan kosmetik asli.

Baca juga: 5 Kandungan Kosmetik Berbahaya dan Apa Akibatnya buat Kulit

4. Periksa barcodeKosmetik asli akan menyertakan barcode berisi informasi tentang pembuatannya. Setiap produk juga memiliki nomor seri unik yang bisa dicek atau dikonfirmasi ke perusahaan pembuatnya.

5. Coba sebelum membeliTak ada salahnya mencoba produk kecantikan sebelum membeli. Jika kosmetik itu bisa terserap dengan mudah pada kulit dan memberikan hasil yang memuaskan, maka itu adalah produk asli.

Pemakaian kosmetik palsu harus dihindari untuk mencegah berbagai efek sampingnya. Mengutip laman Daily Sun, beberapa gejala dari penggunaan kosmetik oplosan antara lain infeksi mata, ruam kulit, bibir bengkak, dan kulit terasa terbakar. Tidak hanya itu, bahan beracun dalam kosmetik palsu bisa memicu masalah kesehatan jangka panjang seperti tekanan darah tinggi dan infertilitas.

Artikel lainnya: Wajib Tahu Merek Kosmetik Berbahaya Berikut Ini

"Produk makeup palsu umumnya mengandung arsenik, karsinogenik, berilium, dan kadmium. Produk ini juga mengandung sejumlah bakteri penyebab infeksi yang berpotensi membahayakan dan dapat menyebabkan luka bakar dan cacat," kata dokter kulit Bobby Buka di New York Amerika Serikat.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA