Tips Bikin Apartemen Tipe Studio Terasa Lapang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi apartemen mungil. Freshome.com

Ilustrasi apartemen mungil. Freshome.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apartemen tipe studio menjadi alternatif yang pas untuk tinggal di kota besar. Lebih praktis, harga sewa yang relatif terjangkau, dan mudah dibersihkan karena tidak terlalu besar.

Hanya saja, kamu harus menata lagi ruang tamu yang juga tempat menonton televisi dan mungkin tempat bekerja, kamar tidur, dapur, dan area menaruh perabotan agar terasa lapang. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan agar apartemen tipe studio terasa lebih longgar:

1. Pilih furnitur dengan fungsi ganda
Jika sebelumnya kamu memilih furnitur dengan alasan estetika, coba ubah dengan dasar fungsi. Selain tampilan yang cantik, furnitur juga harus berfungsi maksimal. Pilihlah furnitur dengan manfaat ganda agar tidak memakan banyak ruang.

Beberapa furnitur yang berfungsi ganda misalnya adalah sofa bed yang bisa diletakkan di ruang tengah. Sofa bed bisa digunakan untuk menyambut tamu atau bersantai jika ingin menonton televisi dan membaca buku. Rak buku juga bisa difungsikan sebagai sekat ruangan jika ukurannya sesuai.

2. Perhatikan dapur
Kunci agar dapur sedap dipandang dan nyaman untuk memasak adalah dengan memasang kitchen set. Bilik-bilik kitchen set bisa digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan dapur sampai bahan masakan. Sebelum memasang kitchen set, perhatikan material, bentuk, hingga warnanya.

Baca juga: Menilik Rumah Nuri Maulida yang Hemat Energi

Pilih kitchen set dengan warna monokrom untuk menghindari penampilan dapur yang terlalu ramai. Disarankan memesan kitchen set kepada ahlinya agar bentuk dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan.

3. Cari referensi desain interior apartemen
Coba cari dan banyak baca referensi tentang cara menyiasati ruang apartemen yang sempit. Dengan banyak referensi, kamu akan memiliki banyak pilihan untuk mengubah apartemen. Pertimbangkan dan diaplikasikan referensi itu jika memungkinkan.

4. Perbanyak sumber cahaya
Satu lagi rahasia umum untuk membuat ruangan tampak lapang adalah menyiasati cahaya. Ruangan yang kedap cahaya akan memberikan kesan lebih sempit dan tidak nyaman. Jika pengelola apartemen tidak mengizinkan renovasi jendela, coba akali dengan pemasangan lampu di sudut yang tepat.

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."