Ani Yudhoyono Ikuti Kegemaran Ibunya Mengoleksi Kain Tradisional

Ani Yudhoyono dan kain tenun. Astari/TEMPO

ragam

Ani Yudhoyono Ikuti Kegemaran Ibunya Mengoleksi Kain Tradisional

Sabtu, 17 November 2018 16:03 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Kristiani Herrawati, atau dikenal dengan nama Ani Yudhoyono, adalah istri dari Presiden Indonesia yang keenam, Susilo Bambang Yudhoyono. Wanita berusia 66 tahun ini menjadi Ibu Negara Republik Indonesia selama 10 tahun (2004-2014), di mana dia mendapat kesempatan untuk mengunjungi berbagai daerah.

Ani Yudhoyono mengoleksi kain tradisional dari setiap daerah yang dia kunjungi. Ternyata, kebiasaan tersebut adalah sudah dia lakukan sejak remaja karena kedua orang tuanya, Sarwo Edhie Wibowo dan Sunarti Sri Hadiyah, sudah mengenalkan Ani pada kain tradisional sejak kecil. Ibunya juga suka menggunakan kain tradisional untuk aktivitas sehari-hari.

Artikel lain:Ani Yudhoyono Bukukan Koleksi Kebaya Selama Jadi Ibu NegaraGemar Fotografi, Ani Yudhoyono Sebut Bermula Lihat Kertas Ajaib

“Ibu saya adalah seorang istri TNI, kemudian suatu saat dia menjadi istri Duta Besar sehingga beliau memperkenalkan budaya-budaya Indonesia ini ke luar negeri,” jelas Ani Yudhoyono, di Jakarta, Kamis, 15 November 2018. Ani merasa bersyukur bisa melihat contoh dari ibunya. Sebagai ibu negara, dia bisa memperkenalkan kain tradisional dari berbagai daerah lain.

Ibu dua anak ini menjelaskan kalau saat suaminya memiliki acara internasional, dia suka memberikan kain tradisional sebagai hadiah untuk para tamu dari luar negeri.

“Inilah keuntungan saya. Jadi lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk bisa mengenali lebih banyak, seperti tenun atau wastra lainnya dari seluruh Indonesia,” lanjutnya.

Baca juga:Kain Tenun Endek, Si Cantik dari Bali Tatjana Saphira dan Gaun Etnik di Seoul International Drama Award

Karena kebiasaan ibunya untuk menampilkan kain tradisional ke tamu-tamu luar negeri, Ani Yudhoyono mendapati dirinya melakukan hal yang sama.

“Saya dari tahun ke tahun selalu menggunakan wastra Indonesia,” tutur Ani Yudhoyono.

Dia mengatakan kalau berbagai kain tradisional yang dia miliki bisa dilihat di bukunya, Berkebaya Ala Ani Yudhoyono.