Najwa Shihab: Tantangan Terbesar Wanita Bekerja dari Diri Sendiri

Pernyataan Najwa Shihab dalam video dukungan untuk Syahrini sebelum konser "10 Tahun Jambul Khatulistiwa: Journey of Syahrini". Instagram PrincesSyahrini

karir

Najwa Shihab: Tantangan Terbesar Wanita Bekerja dari Diri Sendiri

Jumat, 16 November 2018 21:14 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Pembawa acara Najwa Shihab menceritakan apa saja tantangan yang sering dihadapi wanita di tempat kerja. Menurut dia, tantangan terbesar yang dihadapi wanita adalah diri sendiri. Walaupun banyak masalah atau kendala lain yang dihadapi wanita karier, banyak di antara mereka yang memang dari kecil sudah menganggap rendah diri sendiri.

Baca: Perhatikan Hidung Nia Ramadhani, Mirip Hidung Najwa Shihab

"Ada penelitian yang menunjukkan laki-laki selalu berani saat negosiasi gaji, sedangkan dalam benak perempuan, dibayar berapapun tak masalah karena mendapat pekerjaan saja sudah syukur," kata Najwa Shihab di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Jumat 9 November 2018. Najwa mengatakan kondisi seperti itu juga terjadi di sekolah, di mana laki-laki selalu menebak nilai IPK-nya (Indeks Prestasi Kumulatif) lebih tinggi, sedangkan perempuan akan menduga nilai IPK yang lebih rendah.

"Jadi perempuan seringkali tidak sadar telah menganggap rendah diri sendiri. Itu bisa dimengerti karena ada pandangan perempuan sukses tidak disukai karena dianggap terlalu ambisius," ucap Najwa Shihab. Sementara laki-laki yang sukses akan dianggap hebat. Karena itu, dari kecil wanita seringkali menganggap remeh kemampuannya.

Najwa Shihab. TEMPO/Nita Dian

Berangkat dari situ, Najwa Shihab melanjutkan, wanita karier harus mulai membenahi diri bila ingin menghadapi berbagai tantangan di tempat kerja. Setiap wanita, dia menambahkan, juga harus mendukung wanita lain untuk meraih prestasi, terutama bila dia menduduki posisi yang tinggi di tempat kerjanya.

"Seringkali perempuan sukses merasa kalau ada perempuan lain di tempat kerja yang sama maka itu saingan, karena kompetisinya begitu ketat dan sedikit perempuan yang berada di level atas," tutur Najwa Shihab. Karena itu, banyak wanita yang bersaing dengan wanita lain. Padahal, dia mengatakan, wanita sebaiknya saling menguatkan dengan mendukung ide satu sama lain atau menjadi mentor untuk wanita yang baru memulai kariernya.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Baca juga:Perhatikan Hidung Nia Ramadhani, Mirip Hidung Najwa Shihab