Sharena Gunawan Mengalami Mastitis, Sakitnya Melahirkan Lewat

Ilustrasi menyusui. MomJunction

kesehatan

Sharena Gunawan Mengalami Mastitis, Sakitnya Melahirkan Lewat

Jumat, 16 November 2018 09:01 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Sharena Gunawan menceritakan pengalaman dia saat menyusui anak keduanya, Sea Dedari. Pemain film Perahu Kertas ini mengalami mastitis atau infeksi yang menyerang payudara ibu yang sedang menyusui atau ketika hendak menyapih.

Baca: Bunda, Kunci Menyapih dengan Cinta adalah Sabar

Menurut Sharena Gunawan, mastitis lebih menyakitkan daripada sakit karena melahirkan. Infeksi pada mastitis menyebabkan pembengkakan hingga peradangan di payudara dengan kadar sakit yang bervariasi. Salah satu penyebab mastitis adalah penumpukan ASI dalam payudara, seperti yang dialami Sharena Gunawan.

"Mungkin yang sering liat IG stories aku pompa ASI berbotol-botol bisa berpikir perjalanan meng-ASI-hi-ku mudah dan lancar jaya. Believe me, it hasn’t been easy. Why? Dengan punya anak cewek yang nyusunya imut-imut diiringi dengan produksi ASI-ku yang berlebih, payudaraku gampang banget bengkak parah. Sudah mastitis 1x dan 'nyaris mastitis' seringkali. Yang pernah ngalamin pasti tau sakitnya mastitis itu mengalahkan lahiran? It’s so painful and unbearable," tulis Sharena Gunawan di akun Instagramnya, Rabu 14 November 2018.

Ketika Sea Dedari berusia 2 minggu, hanya dalam hitungan jam di malam hari payudara Sharena Gunawan membengkak dan tubuhnya demam. Ketika ASI dipompa, Sharena tak kuasa menahan sakit hingga dia menangis dan tubuhnya gemetaran hingga mau pingsan. "Demam super tinggi sampai terkadang mau ngomong saja sudah susah seperti enggak punya tenaga. Tapi aku ngotot untuk selalu menyusui dan Sea menyusunya selalu di ujung," tulis dia.

Aktor Ryan Delon Situmeang dan istrinya Sharena Gunawan. TEMPO/Charisma Adristy

Berulang kali Sharena Gunawan memperbaiki posisi menyusuui Sea, tapi bibir mungil bayi itu tetap menolak untuk masuk sampai area areola payudara. "Jadi susah sembuh dan gampang relapse mastitisnya," tulis Sharena. Dulu saat menyusui anak pertama, Ryshaka Dharma Situmeang, Sharena hampir terkena mastitis juga. Namun karena Ry menyusu dengan bibir yang masuk sampai area areola payudara, maka mastitis bisa dicegah.

Artikel lainnya: 6 Mitos Menyusui dan MPASI, Simak Penjelasan Ahli

Hingga kini, Sharena Gunawan mengatakan mastitis yang terjadi pada salah satu payudaranya belum pulih. Sharena Gunawan hanya menggunakan salah satu payudaranya yang masih sehat untuk menyusui Sea dan menyetok ASI. "Serba salah, makin banyak memompa produksi ASI juga semakin banyak? Ingin setop memompa payudara gampang bengkak dan saat Sea menyusu jadi gelagapan karena tersembur ASI," tulis Sharena Gunawan.

Kendati merasakan sakit yang luar biasa, Sharena Gunawan mengatakan semua rasa sakit itu hilang ketika melihat bayi mungilnya tersenyum dan sehat menggemaskan. "Jadi tetep semangat untuk memberi yang terbaik buat Sea," tulis Sharena Gunawan. Dia berharap payudaranya segera pulih dari mastitis dan bisa 'beroperasi' kembali dengan normal.

Tetap semangat yang Bunda Sharena Gunawan.

Baca juga: Putri Titian Drop karena Puasa Sambil Mengurus Anak dan Menyusui