Tips Sukses Anggun C. Sasmi Ingat Prinsip dari Bapak

Penampilan Anggun C Sasmi di acara pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu 18 Agustus 2018. Instagram

karir

Tips Sukses Anggun C. Sasmi Ingat Prinsip dari Bapak

Senin, 12 November 2018 06:07 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Anggun Cipta Sasmi memiliki karier yang cemerlang di dunia hiburan. Nama wanita 44 tahun ini sudah berkecimpung di bidang tarik suara sejak berusia 12 tahun, dengan album rock pertama berjudul 'Dunia Aku Punya' pada 1986.

Sekarang nama Anggun C. Sasmi masih berkibar dan diakui di tingkat internasional. Dia menjadi juri di Asia’s Got Talent dan mengeluarkan single terbarunya, Siapa Bilang Gak Bisa.

Anggun C. Sasmi berbagi tips mempertahankan keriernya. Satu kuncinya adalah tidak pernah mengikuti orang lain. "Kalau mau membuat apapun jadilah unik. Keunikan Anda ada di diri sendiri. Jadi, jangan mengikuti orang lain," kata Anggun di Jakarta Selatan, Jumat 9 November 2018. "Kalau ingin sukses, jangan pernah lupa dengan kekuatan diri sendiri."

Anggun C. Sasmi. Dok. TEMPO

Anggun C. Sasmi tidak pernah ingin menjadi penyanyi yang trendi. "Setiap kali saya menulis lagu ada disiplinnya, tidak pernah kepikiran untuk bikin lagu kekinian atau yang tidak ada isinya. Saya selalu ingin menginspirasi," ucap Anggun.

Salah satu sosok inspiratif bagi Anggun C. Sami adalah ayahnya yang juga seorang seniman Indonesia, Darto Singo. Dari ayah, Anggun belajar untuk terus berkarya dan jangan pernah merasa nyaman dengan apa yang ada saat ini. "Kata Bapak, kalau seniman sudah merasa nyaman, itu adalah salah satu tanda kematian seni," ujar Anggun.

"Kita tidak boleh merasa puas dan nyaman karena artinya sudah tidak mempertanyakan diri sendiri," tuturnya. Anggun menjelaskan kalau prinsip-prinsip tersebut membantu dia untuk terus berkarya di dunia hiburan.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Baca juga: Hari Kartini, 5 Perempuan Indonesia Ini Paling Dikagumi