4 Sebab Kulit Jadi Kering

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kulit terasa kasar, kaku, muncul garis halus, sampai bersisik dan mengelupas, maka itu tanda kulitmu kering. Kulit yang kering bukan saja karena karakter atau jenis kulit itu sendiri, namun juga bisa disebabkan beberapa hal.

Baca: Perbedaan Kulit Kering dengan Kulit Dehidrasi

Jika kamu sudah tahu apa saja yang membuat kulitmu jadi kering, lakukan sejumlah langkah, dari yang paling mudah misalnya mengusapkan losion, banyak minum, sampai perawatan agar kulit kembali lembap dan segar. Berikut ini beberapa pemicu kulit menjadi kering.

1. Gaya hidup
Gaya hidup tidak sehat tentu mempengaruhi kondisi kulitmu. Merokok, minum minuman beraklohol, makanan yang terlalu asin, dan kurang tidur bisa membuat kulit jadi kering. Cara mengatasinya adalah dengan banyak makan sayur dan buah, cukupi kebutuhan cairan dengan rajin minum air putih, hindari tidur larut atau kurang tidur, rutin berolahraga, dan hindari stres.

2. Terlalu sering menggosok kulit
Membersihkan kulit dengan menggosoknya memang tidak salah. Namun jika terlalu sering dan mamakai alat bantu yang keliru seperti spons kasar akan merusak lapisan kulit dan mengurangi kelembapannya. Ketika menggosok kulit, sebaiknya pakai spons atau waslap yang lembut. Ketika mengeringkan tubuh seusai mandi, lakukan dengan cara yang perlahan, misalnya dengan menepuk handuk.

Ilustrasi wanita dengan kulit kering. stylecraze.com

3. Suhu udara
Perubahan cuaca berpengaruh terhadap tingkat kelembapan udara. Kelembapan udara yang terlalu rendah atau suhu dingin karena penyejuk udara akan membuat kulit kering.

4. Sabun yang tak sesuai kebutuhan kulit
Sabun dengan formulasi kuat seperti antiseptik dapat meningkatkan risiko kulit kering. Sebab, kelembapan alami kulit akan terkikis dan kulit menjadi kering.

TABLOIDBINTANG

Artikel lainnya: Ciri-ciri dan Masalah pada Kulit Sensitif Cenderung Kering

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."