Tips Membersihkan Sepatu Berbahan Suede

Ilustrasi sepatu wanita berbahan suede. Vancouvervegan.ca

kecantikan

Tips Membersihkan Sepatu Berbahan Suede

Sabtu, 29 September 2018 14:14 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Sepatu adalah item fashion yang harus diperhatikan karena pasti terkena debu atau kotoran di lantai. Kalau kotor sedikit saja, tentu akan mempengaruhi penampilan secara keseluruhan.

Baca: Marissa Nasution Pantang Beli Sepatu Kuning, Oranye, Polkadot

Membersihkan sepatu juga tak bisa asal-asalan. Yang pertama harus diperhatikan adalah bahan sepatu. Sebab, setiap bahan punya metode pembersihan berbeda agar sepatu tetap kece dan tahan lama.

Brand Manager Butterfly Twist, label sepatu yang bisa dilipat, Vivi Oktaviani berbagi tips membersihkan sepatu berbahan suede. Bahan suede cocok untuk sepatu karena kuat sekaligus terlihat klasik dan elegan. Hanya saja, bahan suede bukan material yang mudah dibersihkan.

Vivi merinci beberapa peralatan yang perlu disiapkan untuk membersihkan sepatu berbahan suede. "Siapkan lap basah yang telah dicampur dengan air hangat. Jangan menggunakan air panas atau air dingin karena akan merusak tekstur bahan,” kata Vivi.

Jika ingin lebih bersih, bisa juga menggunakan sikat gigi. Tapi sikat gigi yang dipakai juga harus halus, seperti sikat gigi bayi. Apabila ingin menggunakan sabun, pilih sabun alami dan tidak mengandung banyak bahan kimia.

Setelah dibersihkan, perhatikan juga cara mengeringkan sepatu berbahan suede. "Jangan langsung mengeringkan di bawah sinar matahari karena akan mempengaruhi warna bahan. Sebaiknya keringkan dengan cara diangin-anginkan di dalam ruangan," ucap dia.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Baca juga:Tips Cantik Priyanka Chopra Warisan dari IbunyaTips Belanja Agar Bahan Makanan Tak Rusak dalam Mobil