Menunggu Khasiat Produk Kecantikan, Ada Batas Toleransi Waktunya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi mengecek produk kecantikan. Boldsky

Ilustrasi mengecek produk kecantikan. Boldsky

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika menggunakan produk kecantikan, ada yang langsung menunjukkan khasiat ada pula yang butuh waktu sehingga kulit merasakan manfaatnya. Dokter spesialis kulit dari Ultimo Clinic Alam Sutera, Refla Syarif mengatakan ada kalanya orang bergonta-ganti produk kecantikan karena belum merasakan perbedaan apapun.

Baca juga:
Setrika Wajah, 1 dari 3 Perawatan Kecantikan Melawan Penuaan

"Perlu diketahui ada produk kecantikan yang manfaatnya bisa dirasakan langsung, tapi ada juga yang memerlukan waktu tertentu hingga terlihat hasilnya," kata Refla Syarif. “Ada efek yang dapat dirasakan langsung seperti, menyegarkan, wajah menjadi bersih, dan sebagainya. Namun kalau ingin dalam satu minggu bisa langsung putih dan cerah dengan produk kecantikan yang dijual bebas, tentu tak bisa berharap banyak."

Refla Syarif menyarankan setidaknya tunggu sampai masa regenerasi kulit dalam 21 sampai 28 hari. Dia menjelaskan, 4 sampai 8 minggu adalah waktu yang diperlukan agar suatu produk terlihat hasilnya. Biasanya dalam waktu tersebut sebuah produk kecantikan akan menunjukkan hasil, baik efek positif atau sebaliknya. "Jadi jangan satu minggu pakai kemudian belum kelihatan hasilnya langsung ganti yang lain,” ujar Refla Syarif.

Ilustrasi mencium aroma produk kecantikan. Boldsky

Selain lebih sabar dalam menunggu efek dari produk kecantikan itu, Refla Syarif menyarankan beri jeda antara pemakaian produk kecantikan yang lama dengan baru. Beri waktu sekitar seminggu agar kulit beradaptasi. “Namun jika kulit mengalami iritasi dan setelah menggunakan produk kecantikan tertentu, segera hentikan pemakaian dan konsultasi ke dokter," ucap dia.

Jika kamu sudah menggunakan produk kecantikan yang cocok, Refla Syarif mengatakan tak perlu beralih ke produk lain. “Tapi jika ingin mencoba produk kecantikan lainnya, pilih yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit. Dan yang terpenting kulit tetap dirawat,” kata dia.

AURA

Artikel lainnya:
4 Mitos Kecantikan yang Bikin Perempuan Terkecoh
Tips Perawatan Kecantikan ala Korea, Ada yang Wajib dan Tidak

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."