Makna Made in Indonesia Bagi Desainer Jenahara Nasution

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Perancang busana Jenahara. Tabloidbintang

Perancang busana Jenahara. Tabloidbintang

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak yang mempertanyakan apakah produk dengan label made in Indonesia adalah barang yang dibuat di Indonesia sampai bahan bakunya semua dari Indonesia, atau sekadar dibuat di Indonesia. Perancang busana Jenahara Nasution mengatakan pendapat dia mengenai apa yang disebut sebagai produk made in Indonesia.

Baca juga:
Gaya Jenahara Liburan, Pakaian Simpel dan Tanpa Makeup

“Buat aku sederhana saja, selama produknya dibuat di Indonesia maka itu ‘made in Indonesia’. Sebab bahan utama kita belum banyak, jadi memang ada pelaku industri mengambil bahan baku produknya dari luar,” kata Jenahara Nasution di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata di Jakarta Pusat, Selasa 18 September 2018.

Jenahara menjelaskan apa yang membuat suatu produk bisa mendapatkan label made in Indonesia. “Selama produk itu dibuat di Indonesia, artinya ‘made in Indonesia’. Yang mendesain orang Indonesia dan yang bikin juga orang Indonesia,” ucap dia.

Jenahara dan koleksi terbarunya yang dipamerkan di peragaan busana JFFF 2018. Tabloidbintang.com

Sebagai pelaku di industri fashion, Jenahara mengatakan kalau bahan yang diperlukan untuk menambah nilai mutu produknya ada di Indonesia, tentu dia akan memilih bahan dari Tanah Air itu. “Aku tidak selalu mengambil bahan baku dari Cina atau negara lainnya. Ada beberapa bahan mentah yang aku ambil dari Indonesia, seperti katun dari Jawa,” ujar Jenahara.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."