Koleksi Ulos Istri Luhut Panjaitan, Ada yang Usianya 100 Tahun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Devi Luhut Pandjaitan di Pameran Kain Ulos di Museum Tekstil, Jakarta, Rabu, 19 September 2018. (Tempo/Yatti Febri Ningsih).

Devi Luhut Pandjaitan di Pameran Kain Ulos di Museum Tekstil, Jakarta, Rabu, 19 September 2018. (Tempo/Yatti Febri Ningsih).

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Istri Luhut Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Devi Luhut Panjaitan memamerkan koleksi kain ulos pribadinya yang jumlahnya sebanyak 70 lembar. Menurut Devi Panjaitan, seluruh kain ulos miliknya itu bernilai sejarah karena berusia lebih dari 50 tahun.

“Ulos yang ada di sini tidak ada yang usianya di bawah 50 tahun, semua di atas itu bahkan ada yang sudah 100 tahun,” ujar Devi Panjaitan di Museum Tekstil Jakarta, Rabu 19 September 2018. Karena itu, dia melanjutkan, kain ulos tidak bisa dinilai dari sisi materialnya saja, melainkan umur dari kain itu sendiri.

Devi Panjaitan mengatakan semua ulos itu adalah benda yang diwariskan turun-temurun. Dari 70 koleksi ulosnya, ada satu jenis ulos yang paling disayang oleh Devi, yakni ulos sirara.

Kain ulos yang ditunjukkan dalam Pameran kain Ulos di Museum Tekstil, Jakarta, Rabu, 19 September 2018. (Tempo/Yatti febri Ningsih)

Ulos ini dia dapatkan sebelum menikah dengan Luhut Panjaitan pada 27 November 1971. Sayangnya, ulos sirara tersebut tidak ditampilkan saat pameran dan masih tersimpan di rumah.

Menurut Devi Panjaitan, tak semua orang bisa memakai ulos di setiap acara. Musababnya, setiap jenis ulos memiliki makna dan menunjukkan status pemakainya.

Fashion show ulos di Museum Tekstil, Jakarta, Rabu, 19 September 2018. (Tempo/Yatti Febri Ningsih).

"Tidak semua orang boleh memakai (ulos). Yang baru punya cucu, baru boleh memakai ulos jenis tertentu," kata Devi Panjaitan. "Jadi waktu aku dikasih ulos masih nona dan Pak Luhut masih bujang. Sehingga ulos yang diberikan jenis sirara."

Artikel lainnya:
Yuni Shara Pakai Kain Ulos, Memancing Simpatik dan Kritik

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."