5 Perawatan Kulit yang Bisa Dilakukan Saat Musim Panas

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Jumat, 14 September 2018 11:42 WIB
5 Perawatan Kulit yang Bisa Dilakukan Saat Musim Panas

CANTIKA.COM, Jakarta - Perubahan cuaca tentu membuat kita juga mengubah beberapa kebiasaan. Namun, hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah perawatan kulit. Dengan melakukan perawatan, kulit tetap terjaga kesehatannya selama musim panas.

Baca juga: Sebab Perawatan Kulit Anti Penuaan Dimulai Sejak Usia 20 Tahun

Selama musim panas ini sebaiknya hindari membersihkan wajah untuk menghilangkan polutan secara berlebihan. Bersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah, tidak lebih dari tiga kali sehari. Selain itu dapat juga menggunakan tisu basah yang mengandung minyak pohon teh dan lidah buaya untuk membersihkan wajah.

Pilih pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, karena dapat membersihkan pori-pori dan menghilangkan kelebihan minyak. Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menggunakan tabir surya di siang hari. Ingat 70-80 persen penuaan disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Meskipun cukup banyak krim dan lotion untuk perawatan kulit, tidak ada salahnya menambahkan rutinitas kecantikan musim panas dengan perawatan rumahan. Berikut ini adalah lima tips perawatan rumahan untuk mengatasi masalah kulit musim panas, seperti dikutip dari laman Times of India.

#1. Kelebihan minyak
Gunakan Fuller's earth alias multani mitti karena dapat menyerap kelebihan minyak. Campur sesendok mitti dengan air, lalu oleskan selama lima menit dan bersihkan.

#2. Ketiak berkeringat
Campur 4 sendok makan air, 1 sendok makan jus lemon, 1/2 sendok teh garam laut dan 1 sendok makan jus tomat. Aplikasikan pada ketiak Anda dua kali sehari.

#3. Membuat astringent
Campurkan setetes cuka sari apel dan 4-5 tetes ekstrak witch hazel ke dalam setengah mangkuk air. Gunakan untuk mengoleskan wajah Anda. Ini berfungsi sebagai toner lembut. Hati-hati jangan sampai berlebihan cuka sari apel, karena bisa menyebabkan luka bakar.

#4.  Menghilangakan noda pada kulit
Campur segelas buttermilk dan 2-3 sendok makan gula kristal. Oleskan di wajah Anda, diamkan selama lima menit dan bersihkan dengan air.

#5. Kulit kering
Buatlah sendiri sabun dengan dengan mencampur minyak kelapa sebanuak setengah mangkuk dan 3-4 sdm gula kristal. 

Artikel lain: 7 Mitos soal Kulit yang Telanjur Kita Percaya