Punya Rambut Ikal Seperti Naomi Osaka, Tiru Cara Perawatannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Naomi Osaka mengenakan gaun bermotif floral. Instagram.com/naomiosakatennis

Naomi Osaka mengenakan gaun bermotif floral. Instagram.com/naomiosakatennis

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Petenis Naomi Osaka menjadi orang Jepang pertama yang berhasil memenangkan turnamen Grand Slam dalam final AS Terbuka, Minggu 9 September 2018, di Stadion Arthur Ashe, Flushing Meadows, New York, Amerika Serikat. Perempuan 20 tahun ini menjadi pemenang setelah mengalahkan petenis ternama Serena Williams. 

Penampilannya yang khas kerap mencuri perhatian publik, terutama rambutnya yang ikal. Tentu saja, sebagai seorang atlet yang sering berkeringat, untuk menjaga kesehatan rambut bukanlah hal yang mudah. Namun, pemain berdarah Haiti-Jepang ini memiliki trik khusus untuk menjaga kesehatan rambutnya. Bahkan ia juga pernah membagikannya melalui akun media sosial Instagram miliknya.

Baca juga: Rambut Keriting Identik dengan Kusut, Simak Tips Wizzy Williana

Dalam salah satu unggahannya, Osaka terlihat sedang berlatih untuk mengikat rambutnya yang ikal. Sementara untuk menjaga kesehatan rambut, ia lebih memilih untuk menggunakan kondisioner untuk membuat rambut ikalnya lebih lembut dan lembab. Selain itu, untuk merawat rambut ikal juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama dalam membersihkan rambut hingga bagaimana menjaga agar tidak kusut saat tidur. Berikut beberapa tips merawat rabut ikal, melansir laman Cosmopolitan.

#Pakai kondisioner
Sebelum mandi, usapkan kondisioner pada rambut, tutup dengan topi mandi, dan bilas tubuh sebelum mencuci rambut seperti biasa. Uap dari pancuran akan membantu mempertahankan kelembapan.

#Campurkan sedikit sampo sulfat 
Oleskan campuran sampo dan sulfat ke ubun-ubun dan pijat secara menyeluruh ke kulit kepala, berfokus hanya pada akar karena area ini lebih berminyak. Cara ini akan membersihkan rambut tanpa menghilangkan semua minyak alami, yang menyebabkan rambut kering dan rapuh.

#Hindari sampo untuk rambut kering 
Jika memiliki rambut ekstrakering, lupakan sampo sepenuhnya dan cobalah mencuci rambut hanya dengan kondisioner seminggu sekali atau sesering yang diperlukan untuk mencegah rambut bercabang. Jika rambut kekurangan minyak atau kelembapan, Anda tidak perlu sampo.

#Gunakan jari tangan atau sisir bergigi jarang 
Saat ingin merapikan rambut, pemilik rambut ikal bisa menggunakan jari-jari tangan atau sisir yang memikiki gigi-gigi yang jarang untuk mencegah kerusakan.

#Jangan menyisir dari akar
Saat menyisir atau menyikat rambut, secara bertahap bergerak ke atas dan bukan mulai dari akar. Akan jauh lebih mudah untuk menyisir rambut dari ujungnya terlebih dulu.

#Jangan keringkan dengan handuk
Setelah keramas, keringkanlah dengan kaus, bukan handuk, untuk mencegah kusut. Tidak seperti kaus, handuk akan menyerap terlalu banyak air dan uap air dari rambut, yang menyebabkan kusut. bahan kaus yang halus juga akan membantu menghaluskan ikal rambut dan mencegah kusut.

#Ganti sarung bantal dengan bahan satin atau sutra 
Sebisa mungkin jangan menggunakan sarung bantal katun untuk mencegah rambut kusut di pagi hari. Rambut bergeser lebih mulus di permukaan yang halus dari sarung bantal satin atau sutra. Yang terpenting usahakanlah tidur dengan rambut diangkat ke atas untuk mempertahankan keriting tetap alami.

YATTI FEBRI NINGSIH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."