Bilang Bilang, Butik Produk Milik Perempuan Pengusaha UMKM

Gerai UKM Bilang Bilang, yang menampilkan produk anggota IWAPI JakSel, di Gandaria City lantai 1, Jakarta Selatan. TEMPO/Astari P Sarosa

ragam

Bilang Bilang, Butik Produk Milik Perempuan Pengusaha UMKM

Kamis, 30 Agustus 2018 20:36 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia atau IWAPI Jakarta Selatan membuka butik Usaha Kecil Menengah atau UKM bernama Bilang Bilang.

Gerai yang terletak di lantai 1 Mall Gandaria City ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak perempuan Indonesia agar bisa mandiri secara ekonomi dan terus meningkatkan kualitas produk dan jasanya. Gerai Bilang Bilang ini juga diharapkan meningkatkan rasa cinta masyarakat akan produk dalam negeri, khususnya produk UKM.

"Anggota IWAPI Jakarta Selatan kurang lebih ada 150 orang, dengan 80 persen ibu-ibu yang memiliki usaha mikro kecil," kata Julie Laiskodat Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) IWAPI Jakarta Selatan, di Hotel Sheraton, Jakarta, Rabu 29 Agustus 2018. "Banyak yang tidak punya butik sendiri. Sekitar 150 orang ini bergiliran memajang produk mereka di butik untuk berjualan."

(ki-ka) Julie Laiskodat (Ketua DPC IWAPI Jaksel), Hj. Dewi Motik Pramono (Dewan Kehormatan IWAPI), Wulan Tilaar (Wakil Chairwoman PT Martha Tilaar Group), Tatyana Sutara (Ketua Umum DPD IWAPI DKI), Ir. Nita Yudi (Ketua Umum DPP IWAPI DKI), di Konferensi Pers Fashion Symphony 2018, di Sheraton Grand Ballroom, Jakarta Selatan, Rabu 29 Agustus 2018. TEMPO/Astari P Sarosa

Butik Bilang Bilang yang berada di pusat perbelanjaan ini diharapkan dapat mendorong ibu-ibu pengusaha mikro, kecil, dan menengah, agar lebih percaya diri dengan usahanya. Semua produk yang dijual adalah karya asli Indonesia.

Susana di butik Bilang Bilang Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, yang menjadi tempat para pengusaha mikro, kecil, dan menengah memamerkan dan menjual produk mereka. TEMPO | Astari P. Sarosa

Gerai ini menampilkan hasil perkembangan usaha-usaha wanita Indonesia di bawah pelatihan IWAPI. "Mereka belajar bagaimana mengatur karyawan, pengemasan untuk pasar lokal dan dunia. Ada juga pelatihan-pelatihan, misalnya dari desainer terkenal," ucap Julie Laiskodat.

Butik Bilang Bilang di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan. TEMPO | Astari P. Sarosa

Dewan Kehormatan IWAPI, Dewi Motik Pramono mengatakan hasil produk di setiap desa dan kecamatan punya gaya berbeda dan menarik. Saat ini butik Bilang Bilang menampilkan produk dari Jarit, Saroengan, House of Pipie by Ulupi, Sylvo Python Leather, Nona, Nice Frame, Thanaya Indonesia, D.R.U, Roemah Kebaya, Egie & Mom, Mari Berkain, Jeany Wang Boutique dan LeViCo Tenun NTT.