Punya Kulit Wajah Berpori Besar, Ini Saran dari Dokter Kulit

Front page Cantik. Gangguan Pori-Pori Wajah. Shutter

kecantikan

Punya Kulit Wajah Berpori Besar, Ini Saran dari Dokter Kulit

Senin, 9 Juli 2018 13:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit wajah dengan pori-pori cukup besar tampak kurang sedap dipandang. Pori-pori yang kasat mata ini membuat makeup terlihat tidak sempurna dan wajah seperti kulit jeruk.

Baca juga:Jerawat Hormon Sembuhnya Lebih Lama? Ini Fakta Lainnya Makeup Ria Ricis, yang Kulit Sawo Matang dan Mata Sayu Wajib Tahu

Dokter spesialis kulit sekaligus staf pengajar ilmu kesehatan kulit dan kelamin dari Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya, Inneke Jane Hidajat berbagi tips merawat kulit wajah dengan pori-pori besar. Apa saja yang harus dilakukan dan dihindari?

Lakukan:- Berkonsultasi dengan dokter kecantikan untuk penanganan terbaik.- Pakai tabir surya secara teratur dan dengan cara yang benar. Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan berbahan cair. Paparan matahari merusak elastisitas kulit dan memicu pembesaran pori-pori. - Gunakan toner atau astringent setelah membersihkan wajah. Toner berfungsi mendinginkan dan membuat kulit wajah tidak terlalu berminyak. - Mencuci atau membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah untuk kulit berminyak. - Lakukan eksfoliasi sekurangnya 2 minggu sekali supaya kotoran tidak menumpuk dan memperlebar pori-pori. - Pakai makeup tipis dengan bahan kosmetik nonkomedogenik. - Bawalah kertas penyerap minyak wajah saat berpergian untuk meminimalkan minyak pada pori-pori.

Ilustrasi membersihkan wajah. Topinspired.com

Dilarang:- Jangan mencoba mengobati masalah pori-pori sendiri karena bisa menyebabkan iritasi.- Jangan mengaplikasikan alas bedak tanpa lebih dulu memulaskan tabir surya, serum, atau pelindung kulit lainnya. - Jangan malas membersihkan makeup. Bekas makeup yang tertinggal di kulit menyebabkan penyumbatan dan memperparah kondisi pori-pori. - Jangan mengkonsumsi makanan berminyak, berlemak, pedas, atau yang berindeks glikemik tinggi, karena akan menambah masalah pada pori-pori. - Jangan memencet jerawat atau komedo karena membuat pori-pori kulit kian terbuka. - Jangan mencuci wajah terlalu sering. Cukup 2 kali sehari yaitu di pagi dan malam. Terlalu sering mencuci wajah dan terlalu banyak gosokan pada wajah dikhawatirkan menyebabkan iritasi atau jerawat.

AURA