Meski Ditakuti Banyak Orang, Gula Ternyata Sahabat Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi gula pasir. boldsky.com

Ilustrasi gula pasir. boldsky.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gula adalah bahan makanan yang biasa ada di dapur dan digunakan untuk mempermanis minuman atau makanan. Namun, ternyata gula juga bisa digunakan untuk mencerahkan, membersihkan, dan menyehatkan kulit.

Dilansir dari Boldsky.com, jika Anda mengalami pengelupasan kulit, bahan alami terbaik yang dapat digunakan untuk mengelupas kulit adalah gula. Asam alfa-hidroksi yang terkandung dalam gula berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Menjadikan gula sebagai scrub adalah cara terbaik untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di kaki. Menggosok kaki dengan scrub dari gula secara teratur dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit dan mempercantik kulit kaki.

Artikel lain:
Gula Batu Lebih Baik dari Gula Pasir ? Simak Penjelasan Ini 
Orang Lain Takut Kelebihan Gula, Prilly Latuconsina Kurang Gula
Putri Marino Doyan Nasi tapi Tetap Kontrol Gula, Simak Caranya
Cut Mini Hindari Gula, Ada Tips Minum Kopi Cegah Diabetes

1. Minyak zaitun dan gula
Perpaduan minyak zaitun dan gula dapat membantu menutrisi kulit. Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat scrub ini adalah tiga gelas gula, setengah cangkir minyak zaitun, dan satu sendok makan kulit jeruk purut. Tambahkan minyak zaitun, kulit jeruk, dan gula lalu aduk rata. Anda dapat menambahkan lebih banyak minyak zaitun jika diperlukan. Gunakan scrub sesuai dengan kebutuhan dan simpan sisanya. Gunakan scrub ini seminggu sekali untuk hasil yang lebih baik.

2. Kopi dan gula
Kafein yang terkandung didalam bubuk kopi bertindak sebagai antioksidan. Lulur ini membantu mencerahkan warna kulit. Anda perlu menyiapkan setengah cangkir bubuk kopi, setengah gelas gula, dan satu sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun. Campur gula dengan bubuk kopi secara merata dan tambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalamnya. Gosok kaki dengan campuran ini dan bilas dengan air biasa.

3. Madu, lemon, dan gula
Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah tiga sendok teh madu mentah, dua sendok teh air lemon, dan dua sendok teh gula. Campur bahan-bahan ini ke dalam mangkuk dan buatlah jadi scrub. Gosok lembut campuran scrub ke seluruh wajah dan tubuh dengan gerakan melingkar. Setelah itu diamkan selama 10 menit dan cucilah dengan air. Scrub ini bisa dilakukan tiga kali dalam seminggu.

Ilustrasi scrub tubuh. netdna-cdn.co

4. Minyak almond dan gula
Vitamin C yang terkandung dalam minyak almond membantu menyehatkan kulit. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah satu sendok makan gula dan dua sendok makan minyak almond. Ambil satu sendok makan gula dan dua sendok makan minyak almond dan campurkan dalam mangkuk. Gosokkan scrub ini pada kaki dengan lembut dengan gerakan melingkar. Lalu, cuci dengan air dingin. Gunakan scrub sekali dalam seminggu secara terus menerus selama tiga minggu.

5. Minyak kelapa dan gula
Bahan yang perlu disiapkan adalah tiga sendok makan minyak kelapa, dua sendok makan madu, dan tiga sendok makan gula. Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk dengan baik. Jika campuran terlalu kering, tambahkan lebih banyak gula dan jika basah tambahkan sedikit minyak kelapa. Gosok campuran scrub ini dengan lembut di atas kaki dan bilas dengan air.

6. Yogurt dan gula
Siapkan setengah gelas yogurt tanpa rasa dan dua sendok makan gula. Campurkan kedua bahan tersebut secara merata, gosok kaki dengan scrub lalu bilas dengan air dan keringkan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."