5 Hal yang Harus Diperhatikan agar Wajah Sehat Berseri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi massage wajah. monkeyislandresort.com

Ilustrasi massage wajah. monkeyislandresort.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak jarang sebagian perempuan malas membersihkan wajah atau menggunakan tabir surya saat keluar rumah. Stigma tampil cantik apa adanya sering menjadi alasan untuk tidak rajin dalam merawat wajah.

Sebagai perempuan, merawat kecantikan kulit, wajah, tubuh, dan rambut adalah sebuah kewajiban yang perlu selalu dilakukan. Berikut adalah lima tips dasar merawat kecantikan wajah dan tubuh dilansir dari Boldsky.

1. Hati-hati dengan pancaran sinar matahari langsung
Ketika keluar ruangan tanpa menggunakan tabir surya, Anda harus berhati-hati dengan pancaran sinar matahari langsung karena akan menyebakan kerusakan kulit, seperti bintik hitam, kerutan, dan sebagainya. Solusinya, gunakan losion wajah dan tubuh dengan SPF (Sun Protection Factor) yang tepat.

Baca juga:
Kian Banyak Wanita Menggunakan Produk Kecantikan Vegan, Apa Itu? 
Tiga Prosedur Kecantikan Populer Saat Ini 
10 Produk Kecantikan Wajib Supaya Kulit Seperti Artis Korea
Trik Makeup Selebriti yang Bikin Wajah Bersinar Secara Instan

2. Jangan menggigit kuku
Kebiasaan menggigit kuku buat sebagian orang dianggap lumrah. Tak jarang kebiasaan ini sangat sulit dihilangkan. Kebiasaan menggigit kuku dapat menyebabkan kutikula mengelupas, kuku-kuku menjadi kasar dan terkelupas. Psikolog mengatakan bahwa penyebab utama kebiasaan menggigit kuku adalah stres dan kecemasan.

Cara terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menjaga pikiran tetap terkendali. Berhentilah berpikir berlebihan. Anda dapat mengatasinya dengan bantuan yoga. Selain itu, oleskan cat kuku pahit agar Anda tidak menggigit kuku.

3. Jangan tidur sebelum membersikan wajah
Tidur tanpa membersikah wajah dari riasan akan menjadi masalah yang sangat serius di kemudian hari. Hal tersebut dapat menimbulkan jerawat, penuaan dini, keriput, gatal dan sebagainya. Solusi satu-satunya adalah selalu membersihkan wajah sebelum tidur.

Ilustrasi mandi. Shutterstock

4. Jangan mandi dengan air panas
Mandi dengan air panas dapat menghilangkan minyak esensial alami tubuh dan membuat kulit kering juga membuka pori-pori, serta dapat menyebabkan masalah kulit lebih lanjut. Mandi dengan air yang terlalu panas juga dapat menyebabkan gatal dan membuat kulit menjadi merah.

Namun, Anda dapat menggunakan air hangat untuk mandi agar terhindar dari masalah yang disebutkan di atas. Solusinya, mandilah dengan air hangat dengan waktu maksimal 10 menit. Pastikan juga hanya menggunakan air hangat saat mandi. Sebaiknya, selalu gunakan air biasa untuk mencuci rambut karena air hangat juga dapat merusak rambut.

5. Jangan tekan jerawat dan komedo jika tidak tahu pasti caranya
Jika tahu bagaimana cara menekan jerawat dan komedo, itu tidak akan menjadi masalah. Namun jika tidak tahu dan sering melakukannya, Anda perlu menyadari bahwa kebiasaan itu meninggalkan bekas di wajah.

Solusinya, berhenti menatap cermin untuk waktu yang lama, mungkin terdengar lucu tetapi sebenarnya berhasil. Obat lain untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan scrub dua kali dalam seminggu, yang akan membantu mengusir semua komedo dan whitehead yang ada pada wajah Anda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."