Sudah Malam Belum Bisa Tidur, Lakukan Ini agar Lekas Terlelap

Ilustrasi insomnia. shutterstock.com

kesehatan

Sudah Malam Belum Bisa Tidur, Lakukan Ini agar Lekas Terlelap

Rabu, 6 Juni 2018 22:00 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Mungkin kamu masuk kelompok orang yang mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Meski tubuh sudah lelah dan mata mengantuk, tapi kenapa tak kunjung terlelap. Ketika mengalami insomnia, ada orang yang memilih jalan pintas dengan minum pil tidur.

Baca juga:Awas, Kurang Tidur Bikin Gampang MarahSusah Tidur, Terapkan Rumus 4 7 8 Supaya Terlelap

Jika berulang kali menenggak pil tidur supaya terlalap, bukan tidak mungkin orang tersebut akan mengalami efek samping dari penggunaan obat tidur yang berlebihan, seperti halusinasi atau perubahan perilaku. Mengutip Nine Coach, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan supaya lekas terlelap tanpa efek samping.

# Teh herbalMenyeruput secangkir teh herbal setelah makan malam dapat membantu memudahkan tidur di malam hari. Dua teh herbal yang mampu membuat tidur lebih lelap adalah teh chamomile dan passion flower.

Ilustrasi minum teh. Shutterstock.com

Teh chamomile mengandung kalsium dan magnesium, yang merupakan mineral penting untuk tidur. Karena itu, secangkir teh chamomile sebelum tidur dapat membantu menenangkan, serta memastikan tubuh memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tidur nyenyak. Adapun passion flower membantu mengatasi kecemasan, yang juga bisa menjadi penyebab sulit tidur di malam hari.

# OlahragaTidak ada penyebab tunggal untuk insomnia. Namun penyebab yang dominan adalah stres dan kecemasan. Untuk mengatasi ini, olahraga menjadi salah satu cara alami terbaik untuk mengurangi stres.

Ilustrasi wanita berolahraga. Shutterstock

Olahraga juga dapat mengirimkan sinyal fisiologis yang tepat ke otak guna memberikan informasi ini saat bersantai dan istirahat. Setelah olahraga, mandilah dengan air hangat untuk mengatur suhu tubuh dan bikin tubuh rileks.

# Matikan gadgetIlustrasi anak bermain gadget. ShutterstockMatikan semua perangkat elektronik, seperti ponsel, laptop, dan tablet, supaya tidurmu lebih tenang. Mengecek email, media sosial, atau pesan instan di gadget sangat mengganggu tidur. Supaya kamu berjarak dengan gadget, matikan semua perangkat itu setidaknya 30 menitjam sebelum tidur untuk menciptakan lingkungan yang mendukung untuk segera terlelap.