Buka Puasa dengan Bubur Jagung, Bantu Kerja Lambung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Resep Bubur Jagung

Resep Bubur Jagung

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Puasa seharian membuat kerja lambung dalam menggerus makanan terhenti. Namun ketika tiba saat buka puasa, umat muslim membatalkan puasa dengan cara minum dan makan. Saat itu lambung kembali bekerja.

Baca juga:
Menu Buka Puasa Istimewa Pisang Balut Puff Pastry, Ini Resepnya
Menu Buka Puasa Martabak Mini, Bikin Kreasi Topping Kesukaanmu

Para ahli mengingatkan agar tidak langsung melahap makanan berat ketika buka puasa. Sebab setelah sekitar 14 jam berhenti, lambung butuh penyesuaian untuk kembali bekerja. Jika memaksakan makanan berat, seperti nasi beserta lauk pauk dalam porsi banyak, bukan tak mungkin rasa mual akan muncul, dan itu sebabkan lambung belum siap mencerna makanan.

Salah satu makanan yang bisa membantu kerja lambung saat buka puasa adalah bubur. Ini jadi menjadi alternatif jika bosan dengan kolak, gorengan, atau makanan camilan lainnya. Bubur jagung misalnya. Bahan-bahannya mudah didapat dan gampang membuatnya. Yuk ikuti resep bubur jagung berikut ini.

Bahan:
- 1 buah jagung manis, parut
- 2 buah jagung manis, pipil
- 125 gram gula pasir
- 400 ml santan
- 600 ml air
- 1/4 sdt garam
- 2 lembar daun pandan

Ilustrasi jagung. REUTERS/Francois Lenoir

Cara membuat:
- Masak jagung manis pipil dan jagung manis parut, serta daun pandan, ke dalam panci berisi air mendidih. Aduk sesekali dan biarkan hingga jagung hancur.
- Jika sudah mengental, masukkan santan secara perlahan, serta gula dan garam secukupnya.
- Masak hingga mendidih dan kuah mengental.
- Angkat dan sajikan selagi panas.

Hasil: 4 porsi

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."