Masalah Kulit yang Banyak Dialami Perempuan di Negara Tropis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita dengan flek hitam di wajah. Unsplash.com/Ayo Ogunseinde

Ilustrasi wanita dengan flek hitam di wajah. Unsplash.com/Ayo Ogunseinde

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang yang tinggal di negara dengan iklim tropis, seperti Indonesia, memiliki masalah kulit yang berbeda dengan negara subtropis, yang memiliki empat cuaca. Beberapa perbedaan tersebut harus diperhatikan, karena sering kali orang Indonesia menggunakan produk perawatan kulit luar negeri tanpa memperhatikan kalau produk tersebut dibuat untuk cuaca yang berbeda.

Negara tropis biasanya memiliki iklim panas dan kelembapan tinggi karena memiliki intensitas matahari yang tinggi. Sedangkan negara subtropis memiliki kelembapan lebih rendah dan memiliki intensitas matahari yang lebih rendah.

“Tipe kulit orang Indonesia itu ke 4-6, lebih cokelat. Kalau kepanasan, tidak seperti bule, yang kulitnya biasa terbakar menjadi merah, tapi kulit lebih cenderung menjadi hitam dan muncul flek hitam,” kata dr Anesia Tania SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, di Harlow Brasserie & Bar, Jakarta Selatan, Selasa, 24 April 2018.

Artikel lain:

10 Produk Kecantikan Wajib Supaya Kulit Seperti Artis Korea

Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Pakai Foundation

Tabir surya

Orang dengan tipe kulit 4-6 biasanya memiliki warna kulit yang lebih gelap. Kulit mereka juga tidak mudah terbakar, dan mereka memiliki risiko kanker kulit lebih rendah dibanding orang dengan tipe kulit 1-3, yang biasanya memiliki warna kulit lebih terang. Pada saat penuaan, tipe kulit 4-6 biasanya mengalami keriput lebih lama, tapi flek hitam lebih cepat muncul. 

“Kulit kita sendiri mengalami penuaan intrinsik dan ekstrinsik. Intrinsik biasanya penuaan dari keturunan, dan ekstrinsik adalah penuaan dari faktor-faktor luar, seperti sinar matahari,” tutur dr Anesia.

Baca juga: Masker Jadi Bumerang, Kulit Malah Keriput karena ...

Karena itu, sangat penting untuk memperhatikan penuaan ekstrinsik, dari faktor-faktor luar, terutama dari sinar matahari. Masalah kulit di negara tropis adalah kulit kering, lebih sensitif, kusam, keringat tinggi, sering pigmentasi atau flek hitam, dan cepat kendur. Perawatan kulit paling penting yang harus dilakukan adalah menggunakan tabir surya secara rutin sebelum meninggalkan rumah untuk mencegah semua masalah kulit tersebut.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."