Kebaya Kartini Masa Kini Amy Atmanto, Pas Buat Generasi Milenial

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Perancang busana Amy Atmanto.

Perancang busana Amy Atmanto.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kartini yang menjadi simbol perjuangan perempuan Indonesia identik dengan busana kebaya. Perempuan pada masa Raden Ajeng Kartini mengenakan kebaya sebagai busana sehari-hari. Kini, kebaya mulai diterjemahkan menjadi berbagai bentuk dan bisa dipadukan bukan hanya dengan kain batik.

Perancang busana Amy Atmanto menunjukkan sepuluh koleksi busana yang terinspirasi dari kebaya dalam acara Kartini Masa Kini yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Selasa 17 April 2018. Dalam sesi fashion show, pemilik brand fashion Royal Sulam ini menunjukkan berbagai modifikasi kebaya yang dipadupadankan dengan songket sampai bahan organza yang megar.

Baca juga:
Cantiknya Angel Lelga Pakai Baju Pengantin Adat Minang

"Kebaya-kebaya ini bisa menjadi inspirasi busana untuk Kartini masa kini, terutama mereka yang memiliki mobilitas tinggi namun ingin tetap tampil egelan dan klasik," kata desainer yang menerima penghargaan Kartini Award Piala Ibu Negara pada 2011, ini. Amy Atmanto memadukan kebaya model sunda dan kebaya kurung dengan kain batik, songket, dan bahan organza.

Kebaya Kartini Masa Kini dari Amy Atmanto.

Untuk kebaya dengan bawahan bahan organza, cocok dikenakan anak muda generasi milenial yang ingin tetap leluasa bergerak sekaligus mendapatkan kesan elegan. "Ini jadi kebaya gaun dengan sentuhan yang lebih modern," kata Amy Atmanto. Adapun untuk kain songket yang dipadankan dengan kebaya, Amy Atmanto memilih kain tenun sutra dari Padang dengan motif saik kalamai.

Kebaya Kartini Masa Kini karya Amy Atmanto. TEMPO | Rini K

Busana kebaya tersebut, menurut pemilik Rumah Kreatif Amy Atmanto, itu tak lepas dari hasil karya teman-teman disabilitas. Di rumah kreatif Amy Atmanto, sejumlah tuna rungu mendapat keterampilan untuk membuat payet, memasang mote, membantu proses pengemasan, sampai memegang bagian data busana dari butiknya.

Kebaya Kartini Masa Kini karya Amy Atmanto. TEMPO | Rini K

"Saya memiliki tanggung jawab untuk mendidik sahabat dhuafa dan tuna rungu. Karena dalam keterbatasan pun mereka dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai bagi lingkungannya," katanya.

Kebaya Kartini Masa Kini karya Amy Atmanto. TEMPO | Rini K

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."