8 Hal yang Bikin Anda Hidup Bahagia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita bahagia. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bahagia. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Peneliti mengungkapkan bahwa kebahagiaan sebenarnya adalah proses kimia yang terjadi di dalam otak meski rangsangannya bersifat eksternal. Ada beberapa zat kimia yang dapat membuat seseorang merasa bahagia. Zat tersebut adalah dopamin, serotonin, oksitosin dan endorfin.

Kapan pun kita melakukan aktivitas atau mengkonsumsi makanan yang memicu zat kimia tersebut, kita cenderung akan merasa bahagia. Mengutip laman Boldsky, berikut adalah kegiatan dan makanan yang bisa memicu zat-zat kimia tersebut. 

#1. Aktivitas fisik
Olahraga dapat meningkatkan kadar endorfin, dopamin, dan serotonin yang membuat Anda merasa baik dan bahagia. Zat-zat kimia tersebut juga dapat mengurangi tingkat stres dan membantu Anda tetap merasa bahagia. Jika Anda ingin bahagia, berolahragalah secara teratur.

Baca juga: 3 Hal Sederhana yang Membuat Wanita Bahagia

#2. Berhenti minum minuman beralkohol dan merokok
Alkohol, obat-obatan terlarang, rokok dan judi tampaknya memberi kesan sesaat, namun memiliki efek samping yang mempengaruhi kehidupan Anda dalam jangka panjang. Selain itu, mereka menjebak Anda dalam siklus adiktif atau membuat Anda kecanduan tanpa henti.

#3. Detoks 
Akumulasi racun mempengaruhi produksi dopamin. Pembersihan toksin akan membantu Anda merasa nyaman kembali.

#4. Makanan
Makanan seperti coklat hitam (dark chocolate), pisang, teh hijau dan semangka bisa membuat Anda merasa nyaman karena memasok nutrisi yang membantu tubuh menghasilkan zat kimia seperti dopamin.

Baca juga: 5 Zodiak Ini Selalu Punya Alasan untuk Bahagia

#5. Dengarkan musik yang merdu
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa musik yang menenangkan dapat melepaskan dopamin dan membuat Anda merasa baik. Bila Anda merasa baik dan rileks, stres akan lenyap.

#6. Menyelesaikan semua tugas
Cara lain untuk meningkatkan tingkat dopamin agar adalah dengan menyelesaikan tugas. Buat daftar semua tugas yang perlu Anda lakukan dalam sehari dan cobalah untuk menyelesaikannya. Setiap kali Anda menyelesaikan tugas, otak akan melepaskan dopamin dan membuat Anda merasa baik.

#7. Aktivitas seni dan kerajinan
Cobalah menyanyi, memasak, menari atau melakukan aktivitas seni atau kerajinan di waktu senggang, karena aktivitas seperti itu bisa membuat Anda merasa baik dengan meningkatkan tingkat dopamin secara alami.

Baca juga: Tips Jadi Jomblo Bahagia dari Psikolog

#8. Meditasi
Meditas juga bisa meningkatkan kadar dopamin. Meditasi akan membuat Anda merasa rileks, tenang, dan juga memperbaiki mood Anda. Mengisi hari dengan aktivitas dan makanan yang dapat meningkatkan kadar dopamin, meningkatkan kemungkinan hidup Anda bahagia dan bebas dari stres.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."