5 Menu yang Bikin Awet Muda, Salah Satunya Favorit Kylie Jenner

Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

kecantikan

5 Menu yang Bikin Awet Muda, Salah Satunya Favorit Kylie Jenner

Rabu, 14 Maret 2018 09:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rita Nariswari

CANTIKA.COM, Jakarta - Perempuan ingin selalu terlihat awet muda. Padahal kerutan sering kali muncul tanpa diundang. Pemicunya memang beragam. Salah satunya polusi karena Anda tinggal di kota besar.

Selain itu, perawatan wajah bisa memicu kerutan. Bahkan pemakaian rias wajah yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerutan.

Baca:  1 dari 3 dari Orang Indonesia Ngemil Lebih dari 3 kali  Sehari

Belum lagi asupan yang tak sehat, seperti gula dan jenis karbohidrat. Sebenarnya, agar terlihat awet muda, cukup dengan pilihan menu sehat. Di antaranya lima bahan makanan berikut ini. 

1. Semangka Buah yang berukuran besar ini mengandung likopen dalam kadar tinggi. Antioksidan tersebut bisa menangkis sel perusak dan radikal bebas.

Likopen juga merupakan tabir surya natural, yang bisa melindungi kulit dari bahaya sinar mentari. Sejumlah studi menyebutkan semangka bisa membantu meredakan peradangan. Bahkan kadar yang ada dalam semangka lebih tinggi 40 persen dibanding tomat.

 Buah Delima. pomegranates.org

2. Delima Buah berkulit keras ini mengandung vitamin C dalam kadar tinggi. Studi dari American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, kadar vitamin C yang tinggi bisa menurunkan kerutan dan mengatasi kulit kering pada wanita paruh baya.

Sebuah studi menunjukkan ekstrak, minyak, dan jus delima bisa membantu mengatasi kerusakan akibat sinar UVB. Delima memang mengandung ellagic acid yang bisa mengatasi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV.

Delima adalah buah favorit Kylie Jenner. Bintang muda ini sering mengkonsumsinya karena kadar anthocyanin yang mendorong produksi kolagen dalam tubuh.

3. Paprika Pilihan lain adalah paprika, hanya konsumsi yang benar-benar matang. Sebab, vitamin C yang tinggi ada pada paprika yang matang dan warnanya terang.

Potong-potong dan olah menjadi salad untuk mendongkrak produksi kolagen dan melindungi kulit dari sinar mentari.

4. Minyak zaitun Jika Anda penggandrung makanan Mediterania atau malah memilih diet Mediterania, tentu tak asing dengan minyak zaitun. Jenis minyak ini memiliki kandungan antiradang yang tinggi.

Selain itu, studi terhadap responden paruh baya menunjukkan lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam minyak zaitun bisa menyembuhkan luka bakar.

Baca: Sophia Latjuba Vegetarian, Menunya Beragam Sampa Sate 'Ayam'

5. Sayuran hijau Jenis sayuran berwarna hijau mengandung lutein, yakni jenis antioksidan berkadar tinggi. Lutein membantu kulit tetap terhidrasi dan mengusir kerutan yang muncul. Peranannya besar pada seorang perempuan untuk terlihat awet muda.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, makan sayuran hijau tua 2-3 kali dalam sehari bisa menurunkan risiko terkena kanker kulit.

BYDIE | HEALTH