6 Manfaat Kala Keluarga Sering Makan Malam Bersama

Ilustrasi anak makan bersama keluarga. medaviesmallsteps.com

keluarga

6 Manfaat Kala Keluarga Sering Makan Malam Bersama

Selasa, 13 Maret 2018 18:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rita Nariswari

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari-hari biasanya mungkin sulit bagi Anda dan keluarga duduk bersama di satu meja untuk makan malam.

Bisa jadi Anda sudah pulang kerja tapi suami belum tiba di rumah. Lewat jam makan, anak-anak pun mengurung diri di kamar masing-masing. Kalau ada anak yang masih kecil, bisa jadi ia sudah terlelap.

Baca: 7 Kunci Perkembangan Anak hingga Usia 2 Tahun

Padahal kebersamaan di meja makan di malam hari  memberi banyak manfaat. Bagi keluarga di kota-kota besar memang sulit untuk makan malam bersama. Namun, kalau ada waktu libur, tentunya jangan dilewatkan. Jangan sampai bila Anda memilih kongko dengan teman, ketimbang kumpul dengan keluarga.

1. Menikmati kebersamaan Berbagi cerita satu sama lain membuahkan kegembiraan bagi semua anggota keluarga.

2. Pilih menu sehat Pilih sajian yang sehat sehingga anak-anak belajar mengenal menu sehat. Apalagi bila anak masih kecil dan masih belum tahu banyak  beragam jenis makanan.

Makan bersama saatnya menunjukkan kepada anak bagaimana menikmati makanan sehat dengan cara menyenangkan.

3. Mengontrol menu Saat makan bersama di rumah, porsi setiap orang akan terjaga. Anda maupun anak-anak tidak makan secara berlebihan.

Baca: Ketahui 10 Menu Sehat Penekan Rasa Lapar

4. Mencegah pengaruh burukSebuah studi menunjukkan anak remaja yang hingga lima kali dalam seminggu makan malam dengan keluarganya, lebih terhindar dari godaan untuk merokok, menegak minuman keras, dan mencoba narkoba.

Elizabeth Planet, sang peneliti dari Columbia University, Amerika Serikat menyebutkan berkumpul di meja makan di malam hari menjadi tempat dan waktu yang tempat untuk membahas pengaruh buruk tersebut. Anak-anak pun bisa berpikir lebih jauh dan berani menolak jika disodorkan barang-barang tersebut. 

5. Menu Sehat, Rapor Sehat Anak-anak yang makan menu sehat, mempunyai peluang untuk mendapatkan nilai-nilai yang bagus juga di sekolah.

Dari hasil penelitian juga anak-anak yang lebih rendah frekuensinya yakni 3 kali dalam seminggu makan malam bersama orang tuanya, 20 persen nilainya lebih rendah dibanding yang lima kali dalam seminggu.

parenting | health | webmd