6 Panduan untuk Ibu Tiri Baru

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rita Nariswari

google-image
Ilustrasi liburan keluarga. Shutterstock

Ilustrasi liburan keluarga. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Begitu ngotot Deddy Corbuzier tidak akan menikahi perempuan yang tidak mengizinkan anaknya bertemu dengan ibu kandungnya. Bagaimana pun, hubungan biologis kedua tak akan hilang dan memang harus dijaga. 

Baca: Deddy Corbuzier Bahas Artis Alay, Netizen Ingat Chika Jessica.

Calon ibu tiri memang harus belajar banyak. Bahkan, Dr Lisa Doodson, ibu tiri sekaligus psikolog lebih sulit menjadi ibu tiri dibandingkan ibu kandung. “Peran ibu tiri itu membingungkan,” ujarnya.

Hingga ia berbagi pengalaman sekaligus ilmu dengan mengeluarkan buku berjudul How to be a Happy Stepmum.

Lisa menyebutkan kecemasan dimulai dari proses sebelum menjadi ibu tiri hingga telah menjadi ibu tiri. “Cemas karena harus menjadi apa bagi anak tiri? Apakah menjadi teman, menjadi ibu pengganti atau apa?"

Seperti dikuti dari independent, ia menyebutkan hubungan dengan pasangan sudah pasti bisa jelas, tapi hubungan dengan anak tiri perlu proses dan tidak langsung bertemu formula yang tepat.

Menjadi ibu tiri lebih cenderung juga dirudung kecemasan daripada menjadi ibu kandung. Apalagi bila si ibu tiri juga mempunyai anak kandung. "Belum dari lingkungan sosial pun, dukungan bagi ibu tiri lebih rendah dari pada ibu kandung,” katanya seperti dikutip dari the guardian.

Kompleks memang yang dihadapinya, tapi ia memberi 6 pegangan bagi siapa pun yang akan atau sudah menjadi ibu tiri.

1. Jadilah pasangan yang kuat
Menjadi pasangan yang kuat dengan komunikasi yang baik, masalah anak-anak pun lebih mudah diatasi.

2. Cintai anak tiri seperti mencintai pasangan
Ketika Anda memilih duda dengan anak, maka cintai lah paket tersebut. Ketika Anda menunjukkan cinta, maka si anak pun akan memberikan respon yang kurang lebih sama.

Baca: Menjadi Ibu Tiri Idaman Seperti Ashanty, Simak Tipsnya.

3. Perlu waktu
Tidak ada yang instan sehingga anak langsung mau dekat ibu tiri. Lakukan dengan tahapan dan nikmati saja prosesnya. Apalagi bila anak masih mengalami stres atau depresi karena perpisahan orang tuanya, prosesnya akan lebih lama.

4. Rangkul sebagai keluarga
Selalu rangkul anak tiri sebagai keluarga, libatkan dalam berbagai kegiatan bersama atau pengambilan keputusa. Hingga ia pun merasa kehadiran Anda, bahkan membutuhkan Anda akhirnya.

5. Komunikasi yang baik dengan ibu kandungnya
Sejumlah ibu tiri melakukan hubungan baik dengan ibu kandung si anak. Dengan jalinan dan komunikasi dengan semua pihak terkait, Lisa menyebutkan semua akan berakhir menjadi sebuah keluarga baru yang bahagia.

Tampak wajar saja jika Deddy Corbuzier tidak ingin menikahi perempuan yang tidak mengizinkan mantan istrinya berhubungan dengan anaknya. Bagaimana pun komunikasi dengan ibu kandung tetap penting dalam perkembangan anak. 

6. Dukungan dari keluarga besar
Jangan berkutat sendiri, coba lah dekat dengan keluarga besar pasangan. Bila ada kesulitan, Anda juga bisa dibantu keluarga besar untuk mendekati anak tiri. Atau menggali apa keinginan dan harapan anak terhadap ibu tirinya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."