7 Cara untuk Mencegah Perceraian

Ilustrasi istri memakaikan atau merapihkan dasi suami. shutterstock.com

keluarga

7 Cara untuk Mencegah Perceraian

Jumat, 9 Maret 2018 10:47 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rita Nariswari

CANTIKA.COM, Jakarta - Bisakah perceraian dicegah? Jawabannya sudah pasti bisa. Karena kasus ini menyangkut dua pihak, maka kedua pihak harus saling terbuka dan bersedia untuk duduk bersama.

Sebagai perempuan, apalagi jika yang mengajukan gugat cerai justru pria, tentu bisa berperan besar untuk mencegah penceraian ini.

Ada sedikitnya 7 langkah untuk mencegah terjadinya perceraian. Bisa jadi langkah-langkah ini mengurungkan pasangan untuk mengajukan gugat cerai.

1. Usir rasa panik dan cairkan suasana Jika Anda memang ingin perceraian itu tidak terjadi, segera usir rasa panik, cemas, sedih atau bisa jadi marah, secepatkan mungkin.

Cairkan suasana yang tegang, dan buat lah suami menjadi lebih nyaman sehingga bisa bicara secara terbuka.

2. Tunjukkan rasa cinta pada pasanganJangan mengasihani diri sendiri dan tidak juga menyalahkan pasangan. Justru tunjukkan sikap positif kepada pasangan, perlihatkan bagaimana Anda sangat mencintainya. Beri lah apreasiasi untuk suami.

Baca: 5 Kebiasaan Pemicu Perceraian yang Sering Diabaikan 

3. Yakinkan Anda akan berubah Jika pasangan mengajukan gugat cerai karena ada hal-hal kurang sreg dari diri Anda, segera nyatakan dengan tegas, Anda akan berubah.

Jangan sungkan untuk meminta maaf, dan duduk bersama untuk membahas semua ketidaknyamanan yang meliputi Anda berdua. Bisa jadi kekurangan tidak hanya ada pada diri Anda tapi juga pasangan. Masing-masing berintropeksi lah!

4. Tidak menunjukkan diri sebagai pasangan yang superJadi lah mitra seiring sejalan, jangan merasa diri lebih pintar dalam segala hal dari suami.

5. Ubah lah penampilanBisa jadi pasangan Anda berpaling karena Anda tidak lagi menarik di matanya. Tidak ada jalan lain, jika Anda ingin tetap bersamanya, Anda harus  melakukan perubahan.

Jika Anda memiliki masalah dalam berat badan, lakukan olaharaga. Penurunan berat badan mungkin tidak drastis, tapi paling tidak penampilan Anda terlihat lebih segar. Tak ada salahnya untuk belajar berdandan.

5. Lupakan masa lalu Ajak suami untuk melupakan masa-masa tak manis dan mulailah untuk hidup baru yang lebih harmonis.

Tak ada untungnya  menyimpan kenangan yang menyakitkan.

6. Jangan berharap suami adalah kunci kebahagiaanJangan mencari kebahagiaan hanya dari suami. Kunci kebahagiaan tidak hanya dari pasangan, tapi diri sendiri. Karena kebahagiaan bisa didapat dengan berbagai cara.

7. Dukung cita-cita suamiUntuk menciptakan suasana yang lebih nyaman, Anda pun harus mau mendengar lontaran suami dan mendukung mimpi-mimpinya.

psychologytoday | womansday