Ragam Masker Tepung Beras yang Berkhasiat Cerahkan Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi masker wajah. beautifullearth.com

Ilustrasi masker wajah. beautifullearth.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika selama ini perawatan kulit untuk mencerahkan wajah belum menunjukkan hasil, coba gunakan tepung beras sebagai masker. Tepung beras mengandung vitamin B, allantoin, dan tirosinase yang mampu mencerahkan kulit dan membuat kulit wajahmu menjadi berseri.

Ada beberapa pilihan masker tepung beras yang dapat digunakan untuk mencerahkan wajah. Simak ulasannya berikut ini.

Tepung beras dan susu
Susu mengandung vitamin A, vitamin B, dan Alpha Hidroxy Acids (AHA) yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kita. Untuk membuat masker tepung beras dan susu, campurkan 1 sendok makan tepung beras dengan 1 sendok makan susu cair, aduk hingga berbentuk pasta kental, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya secara merata, diamkan selama 15 sampai 30 menit, dan kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih.

Baca juga: Kiat Memakai Yoghurt untuk Masker 

Cerahkan kulit wajah dengan tepung beras (dok. balancemebeautiful)
(dok. balancemebeautiful)

Baca juga: Tips Pilih Produk Perawatan Kulit yang Bagus

Tepung beras, kunyit, dan lemon
Kunyit mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah inflamasi, membunuh bakteri penyebab jerawat, melawan tanda-tanda penuaan pada kulit, dan juga mengatasi kulit kusam. Sedangkan buah lemon mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk membuat kulit sehat dan bercahaya.

Untuk membuat masker ini campurkan 4 sendok makan tepung beras dengan 3 sendok makan jus lemon segar dan 1 sendok makan kunyit bubuk, aduk hingga ketiga bahan tersebut tercampur secara merata. Oleskan pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan dan beri pijatan lembut dengan gerakan melingkar, diamkan selama kuang lebih 30 menit, dan kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. 

Tepung beras dan susu baik untuk merawat kulitmu Teens (dok. ist)
(dok. ist)

Baca juga: Masalah Kulit Usia 30 Bikin Wajah 2,5 Tahun Lebih Tua 

Tepung beras dan mentimun
Alternatif masker tepung beras ketiga yang bisa kamu coba adalah masker tepung beras dan mentimun. Kenapa mentimun? Mentimun kaya akan cairan pelembap dan bersifat mendinginkan, sehingga sangat cocok untuk kalian yang sedang mengalami iritasi kulit karena terbakar sinar matahari.

Untuk membuat masker ini campurkan 2 sendok makan mentimun yang udah dihaluskan dengan tepung beras secukupnya, oleskan pada wajah dan diamkan hingga setengah mengering, beri pijatan ringat dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 1 menit, dan bilas hingga bersih.

Tepung beras, madu, dan oatmeal
Madu dan oatmeal memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Nah, campuran antara tepung beras, madu, dan oatmeal bisa jadi kombinasi ciamik untuk kalian yang menginginkan kulit wajah yang cerah alami.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan tepung beras dengan setengah sendok teh oatmeal dan beberapa tetes madu, diamkan sebentar sampai oatmeal melunak, aplikasikan pada wajah yag sebelumnya sudah dibersihkan, saat masker sudah setengah mengering gosok perlahan dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sel kulit mati, dan kemudian bilas dengan air dingin.

Gunakan masker tepung beras untuk merawat kulitmu (dok. wikihow)
(dok. wikihow)

Tepung beras, kentang, dan yogurt
Variasi masker tepung beras kelima yang bisa kamu coba untuk mencerahkan kulit wajah adalah  campuran tepung beras dengan kentang dan yogurt. Caranya adalah dengan mencampur 1 sendok makan tepung beras dengan 1 kentang segar yang sudah ditumbuk dan yogurt plain secukupnya, aplikasikan pada wajah yang sebelumnya sudha dibersihkan, diamkan selama 30 menit atau sampai benar-benar kering, dan kemudian bilas hingga bersih.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."