Perbedaan Usia yang Ideal untuk Menjalin Hubungan

Ilustrasi wanita muda kencan dengan pria dewasa atau matang. shutterstock.com

cinta

Perbedaan Usia yang Ideal untuk Menjalin Hubungan

Senin, 26 Februari 2018 16:44 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, JAKARTA -Banyak pasangan yang memiliki perbedaan umur sangat jauh, tapi banyak juga pasangan yang umurnya sama atau berbeda beberapa tahun. Pasangan dengan perbedaan umur cukup jauh sering menjadi bahan pembicaraan dibanding pasangan yang umurnya sama atau yang perbedaannya hanya sedikit.

Sebenarnya berapa perbedaan usia yang paling ideal agar hubungan bertahan lama? Mengutip riset dari laman Independent, menunjukkan beberapa perbedaan umur memiliki kemungkinan lebih besar tidak bertahan lama dibanding perbedaan umur yang lain. Namun perlu diingat ada pengecualian untuk beberapa hubungan dan setiap hubungan memiliki karakter berbeda. 

Baca juga: Laura Basuki Rawat Anak Sendiri Bikin Kian Mesra dengan Suami

Menurut studi yang dilakukan Emory University di Atlanta, Amerika Serikat, perbedaan umur yang lebih besar memiliki kemungkinan berpisah. Setelah menganalisis 3.000 orang, ditemukan pasangan dengan perbedaan usia lima tahun adalah 18 persen lebih mungkin berpisah daripada usia yang sama. Menariknya, angka tersebut naik menjadi 39 persen untuk pasangan dengan perbedaan usia 10 tahun dan 95 persen bagi mereka yang memiliki perbedaan usia 20 tahun. 

Baca juga: 7 Tanda Suami Mulai Kepincut Pelakor

Dari riset tersebut, diketahui perbedaan umur paling ideal adalah hanya satu tahun. Pasangan dengan perbedaan usia tersebut, memiliki kemungkinan berpisah jauh lebih kecil, hanya 3 persen. Namun harus tetap melihat masalah lain selain perbedaan umur yang bisa menyebabkan pasangan berpisah.

"Bisa saja tipe pasangan dengan karakteristik tertentu adalah jenis pasangan yang rata-rata lebih cenderung bercerai, jadi karena alasan lain (bukan karena umur)," kata Hugo Mialon, salah satu peneliti riset tersebut.

Baca juga: 5 Jenis Suara yang Bikin Bercinta Kian Panas