Jenis Emas yang Sempurna untuk Perhiasan

Kalung emas dengan Berlian Kuning 407 karat ketika dipamerkan ke media di Singapura (4/10). Kalung dengan berlian ini merupakan kalung termahal di dunia, harganya 55 juta dolar atau setara dengan 635,5 miliar rupiah. REUTERS/Tim Wimborne

kecantikan

Jenis Emas yang Sempurna untuk Perhiasan

Rabu, 21 Februari 2018 16:43 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap wanita menginginkan perhiasan dari emas. Sebelum memutuskan memiliki perhiasan dari emas, sangat penting mengetahui fakta-fakta tentang emas. Sebab, tidak semua kadar emas mudah dibentuk menjadi perhiasan. 

Ada jumlah karat yang paling sempurna untuk dibuat menjadi perhiasan. Dahulu, emas yang paling sering dijadikan perhiasan adalah 24 karat, yang biasa digunakan untuk cincin pernikahan. Namun sebenarnya emas jenis 24 karat memiliki beberapa masalah sehingga lebih sulit dijadikan perhiasan.

Baca juga: Tips Bersihkan Emas, Apa yang Boleh dan Dilarang

Menurut Direktur Kreatif UBS Gold Erwin Suganda, emas 24 karat harganya cukup mahal dan bobotnya sangat berat. “Tapi permasalahannya 24 karat adalah sifat dari logam mulia itu lunak. Jadi, kalau kita lihat, saat dibentuk gampang penyok. Kedua adalah mahal pasti karena 24 karat,” ujarnya saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa, 20 Februari 2018.

Kalung emas di toko perhiasan di bagian selatan kota Hyderabad India, Selasa (30/6). Reuters/Krishnendu Halder

Kini, seiring dengan perkembangan industri fashion, emas yang paling baik dijadikan perhiasan adalah 18 karat. Emas jenis ini harganya lebih terjangkau dibanding emas 24 karat. 

Baca juga: Emas 24 Karat Justru Tak Bagus kalau Jadi Perhiasan

“Karena dengan aloy pendukung, dapat membuat perhiasan emas dalam bentuk apa saja, selain itu, mudah dibentuk dan warnanya lebih banyak variasinya, seperti rose gold dan white gold,” ujar Erwin.