Tips Menata Rumah untuk Menyambut Tahun Baru Imlek

Ilustrasi Imlek. Shutterstock

ragam

Tips Menata Rumah untuk Menyambut Tahun Baru Imlek

Kamis, 15 Februari 2018 14:28 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahun Baru Imlek biasanya menjadi ajang kumpul bersama anggota keluarga besar. Salah satu tempat kumpul favorit dalam perayaan ini adalah rumah. 

Tak heran jika banyak orang Tionghoa dan mereka yang merayakannya melakukan berbagai persiapan pada rumahnya sebelum Hari Raya Imlek tiba. Berbagai aksesori dan ornamen yang dipercaya membawa kebaikan serta keberuntungan pun disiapkan. Dengan harapan, rumah beserta penghuni dan para tamunya dapat kebaikan serta keberuntungan di tahun yang baru.

Baca juga: Selain Lampion, Ada 2 Ornamen yang Dipakai saat Imlek

Baca juga: Imlek 2018, Ada 4 Shio yang Sebaiknya Tidak Renovasi Rumah

Lantas, bagaimana kriteria rumah yang siap menyambut Imlek dan cocok untuk dijadikan tempat kumpul keluarga? Berikut ini beberapa hal yang menandakan kalau sebuah rumah sudah siap menyambut Imlek dan dijadikan sebagai tempat kumpul keluarga. 

BersihSebelum perayaan Imlek, orang Tionghoa biasanya membersihkan seluruh bagian rumah. Ini karena pekerjaan bersih-bersih sendiri dilarang dilakukan saat hari H atau bertepatan dengan Imlek itu sendiri. Jika larangan itu dilanggar, dipercaya akan menghilangkan nasib baik yang baru saja diterima. 

Di sisi lain, membersihkan rumah sebelum perayaan Imlek juga sudah menjadi tradisi. Tujuan dari tradisi itu adalah menghilangkan nasib buruk pada tahun sebelumnya. Jadi, salah satu tanda rumah yang siap menyambut Imlek adalah bersih secara keseluruhan.

Bernuansa merah dan emasSeperti yang kita tahu, Imlek tentu sangat identik dengan warna merah dan emas. Maka itu, salah satu tanda rumah yang siap menyambut imlek adalah memiliki nuansa kedua warna tersebut. 

Dalam kepercayaan orang Tionghoa sendiri, merah dianggap sebagai paket pembawa keberuntungan. Merah juga warna yang dilarang di pemakaman, sebab merah adalah simbol dari kebahagiaan. Sedangkan emas melambangkan kemakmuran, kehangatan, kebahagiaan, kekayaan dan kesejahteraan.

Menampilkan ornamen ImlekSelain memiliki nuansa dekorasi berwarna merah dan emas, rumah yang siap menyambut dan memeriahkan Imlek adalah yang menampilkan berbagai ornamen Imlek. Ornamen ini bisa berupa hiasan angpao pada pohon berukuran kecil, hingga lampion yang banyak bergantungan di depan rumah.

Punya tanaman khas ImlekBukan hanya hiasan berupa benda, masih ada hal lain yang menjadi ciri khas Imlek, serta jadi penanda kalau sebuah rumah sudah siap menyambut Imlek. Hal lain itu adalah tanaman. Ya, beberapa tanaman seperti bunga lotos, krisan, dan persik, menjadi ciri khas dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Masing-masing bunga tersebut juga memiliki makna tersendiri, yang salah satunya adalah membawa keberuntungan.