Selain Lampion, Ada 2 Ornamen yang Dipakai saat Imlek

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi lampion. TEMPO/Prima Mulia

Ilustrasi lampion. TEMPO/Prima Mulia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu ornamen yang paling banyak dipakai dan menjadi ciri khas Imlek adalah lampion. Lentera kertas asal Tiongkok ini bahkan kerap menjadi pertanda Tahun Baru Imlek segera tiba jika sudah banyak rumah yang memakainya.

Namun ternyata, selain lampion masih ada beberapa ornamen lain yang umum digunakan saat tahun baru dalam penanggalan Tionghoa tersebut. Ornamen-ornamen ini digunakan karena mampu mempercantik dan memeriahkan tampilan rumah. Di samping itu, elemen dekoratif ini juga tetap bermakna bagi mereka yang merayakan Imlek.

Baca juga: Imlek 2018, Ada 4 Shio yang Sebaiknya Tidak Renovasi Rumah

Kertas-kertas dengan tulisan "Fu".

Fu berarti hoki atau keberuntungan. Jadi, kertas Fu yang nanti bakal ditempel di dinding-dinding rumah, dipercaya akan membawa kebaikan buat para penghuninya. Dan menjelang Imlek seperti sekarang, kertas ini jadi buruan mereka yang merayakan Imlek. Pasar-pasar tertentu seperti Glodok, pun ramai dengan penjual dan pembeli ornamen tersebut. 

Baca juga: Buat Sendiri Hidangan Khas Imlek, Kue Keranjang Kelapa

Lambang shio


Satu lagi yang jadi ornamen khas saat Imlek adalah hiasan berlambang shio. Bukan ke-12 shio, melainkan salah satu shio yang mewakili tahun bersangkutan. Seperti Imlek tahun ini, misalnya. Karena ber-shio anjing tanah, maka hiasan shio anjing pun jadi ornamen dan banyak dijual di pasaran. Salah satu jenis hiasan shio anjing yang terpantau paling diburu tahun ini adalah adalah gantungan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."