Imlek 2018, Ada 4 Shio yang Sebaiknya Tidak Renovasi Rumah

Ilustrasi rumah dengan kanopi. Dezinde.com

zodiak

Imlek 2018, Ada 4 Shio yang Sebaiknya Tidak Renovasi Rumah

Selasa, 6 Februari 2018 10:37 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahun baru Imlek 2569 yang berlangsung pada 16 Februari 2018 adalah Tahun Anjing Tanah. Dalam fengshui, pergantian tahun pada penanggalan Tionghoa ini sekaligus penanda berubahnya energi yang mempengaruhi tempat tinggal shio tertentu. Diperlukan penyesuaian agar harmonisasi di dalam rumah tetap terjaga.

Untuk orang-orang dengan shio tertentu, salah satu cara meredam energi buruk adalah dengan tidak merenovasi rumah selama tahun anjing tanah. Pakar fengshui, Djohar Koh mengatakan pada shio tertentu, kegiatan merenovasi rumah akan mengaktifkan energi negatif.

Customer service butik Logam Mulia (LM) menunjukkan emas batangan bergambar seekor anjing saat diluncurkan di Jakarta, 18 Januari 2018. Dalam rangka menyambut Imlek, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) merilis emas batangan bertemakan Imlek 2569 seberat 88 gram yang bergambar shio anjing. ANTARA

"Sebisa mungkin hindari melakukan renovasi di sisi atau sudut berenergi buruk, yaitu barat laut, utara, dan tenggara,” kata Djohar Koh. “Untuk shio-shio tertentu yang cenderung keberuntungannya kurang baik di 2018, di antaranya anjing, naga, kerbau, dan kambing, efek negatifnya akan lebih berat."

Renovasi berat, seperti membongkar lantai, menebang pohon, menggali tanah, atau menggeser lemari berat, menurut Djohar Koh, sebaiknya ditunda. Tapi jika harus dilakukan, maka carilah hari baik.

Ilustrasi ruang tamu. Shutterstock

“Fengshui rumah tidak bisa dipisahkan dengan shio penghuninya,” ucap Djohar Koh. Pergantian tahun akan berpengaruh pula pada orang beserta tempat tinggalnya.

Meski begitu, ada beberapa perbaikan kecil di rumah yang bisa ditoleransi dan tidak mempengaruhi keberuntungan penghuninya dari sisi fengshui. Contohnya mengecat ulang, mengganti wallpaper, mengganti karpet, atau menata ulang kursi untuk menyambut Tahun Baru.

HOME