3 Kontroversi Paula Modersohn-Becker, Pelukis Ekspresionisme

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Paula Modersohn-Becker. Museum-modersohn.de

Paula Modersohn-Becker. Museum-modersohn.de

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Paula Modersohn-Becker yang muncul di Google Doodle edisi Kamis, 8 Februari 2018 merupakan seorang pelukis perempuan aliran ekspresionisme. Dia lahir pada 1876 dan meninggal 31 tahun kemudian karena mengidap emboli. Baca: Paula Modersohn-Becker, Pelukis Perempuan Meninggal karena Emboli

Pada zaman itu, karya dan kehidupan Paula Modersohn-Becker terbilang kontroversial. Melukis diri tanpa busana sampai mengungkapkan pernikahan bukanlah cerita bahagia buat sebagian perempuan. Berikut ini beberapa catatan tentang karier dan kehidupan pribadi Paula Modersohn-Becker yang menarik perhatian publik.

1. Melukis diri sendiri tanpa busana
Paula Modersohn-Becker rela berpose bugil untuk lukisannya sendiri, termasuk saat hamil. Sesuatu yang dianggap sangat berani di zamannya. Becker belajar melukis dan anatomi di Academie Colarossi, Paris, Prancis, pada Desember 1899.

2. Jadi ibu tiri dan pernikahan tak bahagia
Mengutip The Guardian, dalam buku "Being Here: The Life of Paula Modersohn-Becker" karya Marie Darrieussecq, diceritakan pada Paskah 1902 Paula Modersohn-Becker pernah menulis di catatan pribadinya "Pernikahan tak membuat seseorang lebih bahagia".

Paula Modersohn-Becker menikah dengan duda satu anak, Otto Modersohn pada 1901. Dia menjadi ibu tiri bagi Elsbeth Modersohn yang saat itu berumur 2 tahun. Paula Modersohn-Becker menjalani tugasnya sebagai istri dan ibu hanya selama dua tahun, dan pada 1903 kembali ke Paris, Prancis.

Paula Modersohn-Becker. Museen-boettcherstrasse.de

Selama tinggal di Paris, Becker menikmati kebebasan hidup sendiri, tanpa dibebani pikiran soal suami atau anak. Saat meninggalkan suami dan anak tirinya, Paula Modersohn-Becker sempat menjalin hubungan gelap dengan seorang Prancis yang dikenal sebagai "ladies' man". Namun surat-suratnya dari Paris untuk suaminya selalu berisi permintaan uang, seperti 200 mark untuk membayar sewa kamar, 60 franc buat membayar model.

3. Menolak hamil, tapi akhirnya melahirkan
Paula Modersoohn-Becker kembali ke Jerman dan berkumpul dengan suaminya pada awal 1907. Bila sebelumnya dia menolak punya anak, kini pikirannya berubah. Becker hamil dan melahirkan anak perempuan yang diberi nama Mathilde pada 2 November 1907. Proses kelahiran Mathilde cukup pelik karena Becker harus beristirahat total selama 18 hari.

Ketika ia diizinkan untuk beraktivitas lagi, sebuah pesta kecil pun telah disiapkan. Becker mengepang rambutnya dan menyematkan sekuntum mawar di mantelnya. Namun dia terjatuh saat turun dari ranjang dan meninggal dunia. Emboli atau penggumpalan darah di kaki adalah penyebabnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."