Hujan Deras, Lakukan 4 Hal Ini untuk Mencegah Banjir di Rumah

Ilustrasi banjir. REUTERS/Enny Nuraheni

ragam

Hujan Deras, Lakukan 4 Hal Ini untuk Mencegah Banjir di Rumah

Rabu, 7 Februari 2018 17:18 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Hujan deras yang mengawali Februari 2018 menyebabkan banjir di berbagai wilayah. Saatnya memastikan rumah aman dari banjir untuk menjaga agar barang-barang di rumah tetap aman. 

Ada beberapa hal yang dapat dipersiapkan agar rumah tidak kebanjiran saat hujan deras. Melansir dari laman Today’s Home Owner, berikut ini beberapa tip yang perlu dilakukan di rumah ketika hujan deras dan diperkirakan akan banjir.

Baca: Banjir Melanda, Jaga Keselamatan dan Kesehatan Anak

#Periksa dan perbaiki atap rumahPastikan atap rumah tidak ada yang bocor sekecil apa pun. Atap yang bocor bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan pada rumah karena dapat menimbulkan jamur di bagian langit-langit rumah. Kerusakan yang tak terlihat akibat kebocoran atap kerap lebih buruk. Karena itu, penting untuk memperbaikinya secepat mungkin. Cari kontraktor terpercaya untuk membantu memeriksa dan memperbaiki atap rumah.

#Periksa listrikSaat hujan deras dan kemungkinan akan terjadi banjir, pastikan peralatan listrik diletakkan di bagian atas atau tertutup. Kombinasi antara air dan listrik bisa sangat berbahaya. Karena itu, bila melihat rumah sudah ada air menggenang, pastikan air tersebut tidak masuk ke stopkontak atau saluran listrik lain.

Baca juga: Waspadai Risiko Kesehatan yang Sering Terjadi saat Banjir

#Pangkas pohon rindang dekat rumahSaat hujan deras, biasanya angin kencang juga menjadi faktor yang membahayakan. Untuk menghindari dampak besar pada rumah, potong ranting-ranting pohon yang mendekati rumah. Periksa semua pohon besar agar tidak roboh pada saat terkena angin kencang dan hujan deras. Biasanya, pohon yang sudah rapuh lebih mudah tumbang.

#Bersihkan saluran pembuanganSaluran pembuangan atau got harus selalu bersih saat hujan deras. Sebab, saluran yang penuh dengan sampah dan tersumbat menjadi salah satu penyebab utama banjir. Pastikan saluran pembuangan di depan dibersihkan secara rutin rumah untuk menghindari banjir.

Baca juga: Banjir Jakarta, Apa Kegiatan Istri Anies Baswedan, Fery Farhati ?