Punya Masalah Seperti Marion Jola, Apa yang Harus Dilakukan?

Marion Jola. (Instagram/tabloidbintang.com)

Karir

Punya Masalah Seperti Marion Jola, Apa yang Harus Dilakukan?

Selasa, 16 Januari 2018 06:33 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yunia Pratiwi

TEMPO.CO, Jakarta - Meraih mimpi dengan cara mengikuti ajang pencarian bakat atau reality talent show masih menjadi pilihan banyak orang. Indonesian Idol, salah satu ajang pencarian bakat yang masih diyakini mampu menghantarkan seseorang meraih mimpi menjadi seorang penyanyi terkenal.

Mungkin ini juga yang dicita - citakan seorang Marion Jola, salah satu peserta Indonesian Idol 2018 yang saat ini tersandung masalah video mesum yang diduga melibatkan dirinya. Ada satu perbedaan pada ajang reality kekinian, seperti diungkap psikolog klinis dewasa dari TigaGenerasi Anna Margaretha Dauhan.

Menurut Anna, pada ajang reality kekinian, wajah, profil, dan kehidupan pribadi seseorang jadi bisa diakses oleh publik hingga batas tertentu. 

 

"Terlebih jika didukung dengan jaringan informasi dan kemajuan teknologi yang ada. Kadangkala, jika ada kejadian seperti yang dialami Marion Jola, belum sempat masalah diusut atau diklarifikasi kebenarannya, sudah banyak spekulasi dan dugaan yang beredar. Padahal belum tentu sesuai faktanya," ujar Anna Margaretha Dauhan.

Bagi masyarakat umum, Anna Margaretha Dauhan menyarankan untuk tidak terlalu cepat mengambil kesimpulan hingga pihak yang berwenang selesai menyelidiki kasusnya. Begitu juga sebaiknya tidak perlu cepat menghakimi, karena kita tidak tahu secara lengkap fakta - faktanya.

Bagi Marion Jola sendiri, atau seseorang yang mungkin kelak mengalami masalah yang kurang lebih serupa dengannya, Anna Margaretha Dauhan memberikan beberapa langkah berikut ini:

1. Jika masalah ini, terlepas benar atau tidak, memang terasa membebani, maka penting bagi yang bersangkutan untuk bisa melakukan beberapa aktivitas untuk mengurangi kecemasan atau menyeimbangkan emosi yang naik - turun atau bahkan terlalu intens.

2. Jika memang memungkinkan, bisa juga mungkin membayangkan isu ini ditaruh di satu kotak, lalu kotaknya disimpan dalam imajinasinya, dan tidak diotak - atik, paling tidak hingga pekerjaannya atau tugas dan tanggung jawabnya selesai. Dalam kasus Marion Jola, ia harus tetap fokus pada cita - citanya meraih mimpi di Indonesian Idol 2018.

3. Mencurahkan perasaan, cerita, dan meminta dukungan moral dan emosional dari teman dan keluarga yang mendukung juga biasanya membantu seseorang melewati masalah terberat dalam hidupnya. 

TABLOIDBINTANG