Kiat Manfaatkan Internet untuk Pengembangan Diri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Miss Internet 2017 Marsya Gusman. TEMPO/Nurdiansah

Miss Internet 2017 Marsya Gusman. TEMPO/Nurdiansah

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Internet, media pintar yang banyak atau sering disalahgunakan oleh penggunanya. Padahal Internet dapat menjadi sebuah wadah untuk berbisnis, mencari teman, dan tentu menambah wawasan penggunanya. Beberapa penggunaan Internet yang salah dapat mengakibatkan timbulnya berita hoax atau berita bohong, kejahatan, dan intimidasi di dunia maya. 

Miss Internet Indonesia 2017, Marsya Gusman, memiliki misi untuk memerangi penyalahgunaan Internet tersebut. Dia melakukan sosialisasi dan pelatihan ke masyarakat mengenai literasi digital tentang penggunaan Internet yang baik.

“Pelatihan-pelatihan khusus terutama untuk anak-anak, orang tua khususnya ibu rumah tangga untuk lebih produktif dalam menggunakan Internet, seperti pelatihan khusus digital journalism, digital marketing, dan juga vlogging yang paling sering saya sosialisasikan,” ujar Marsya di Tangerang Selatan, Rabu, 10 Januari 2018. 

Baca juga: Ada Kontes Miss Internet 2018, Tak Perlu Jadi Nerd untuk Ikutan

Pemenang Miss Internet Indonesia 2017, Marsya Gusman. TEMPO| Astria Putri Nurmaya.

Selain pelatihan khusus, menurut Marsya, Internet dapat dimanfaatkan untuk pengembangan diri. Misalnya, Internet dapat digunakan sebagai sarana pendidikan. "Internet bukan hanya digunakan untuk mem-bully atau sekadar berkomentar-komentar, Internet bisa digunakan untuk belajar dengan melihat tutorial di YouTube, membaca berbagai macam jurnal, linkedin slide share, juga podcast," ujarnya. 

Dengan melakukan hal tersebut, dapat mendapat ilmu baru dan wawasan. Tidak hanya untuk mendapatkan wawasan, Internet dapat digunakan untuk membentuk jaringan, seperti bisnis dan lainnya. "Awal kemunculan Internet, orang masih skeptis berkenalan dengan orang baru melalui Internet, dan saat ini banyak yang telah bertemu partner bisnis," ujar perempuan 25 tahun ini. 

Lebih lanjut, Masrya mengingatkan setelah memanfaatkan Internet untuk pengembangan diri, jangan lupa untuk mempertahankan keamanan akun pribadi. "Kita harus mempertahankan security jangan sampai akun kita di-hack dan diakui oleh orang lain, kemudian lebih parahnya jika akun kita digunakan untuk hal-hal yang tidak baik," ujarnya.

ASTRIA PUTRI NURMAYA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."