Ada Suami Istri yang Tak Pernah Bertengkar, Apakah Benar Akur?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Shutterstock

Ilustrasi pasangan bertengkar. Shutterstock

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Kita tentu pernah melihat pasangan suami istri yang selalu terlihat mesra. Tampaknya mereka memiliki kehidupan rumah tangga yang harmonis karena tak pernah sekalipun terlihat atau terdengar bertengkar. Apakah benar ada suami istri yang begitu klop sehingga mereka tak pernah cekcok?

Baca juga:
Risiko Jika Istri Pertahankan Rumah Tangga tapi Suami Selingkuh

"Ada sifat pasangan yang suka memendam," kata psikolog keluarga Ajeng Raviando dari Teman Hati Konseling kepada Tabloidbintang. Atau, dia melanjutkan, salah satu pihak tidak mengerti hal itu adalah masalah bagi pasangannya.

Sebab itu, solusi dari semua masalah terletak pada komunikasi antarpasangan dan kepekaan masing-masing pihak. "Baca bahasa tubuh pasangan yang terlihat, misalnya tidak suka dengan satu hal lalu tanyakan apa permasalahannya," ujarnya. Meski saling mengenal karakter pasangan, komunikasi tetap yang utama. Sebab manusia itu adalah makhluk yang dinamis dan siapapun tidak bisa tahu persis karakter seseorang, termasuk pasangannya sendiri.

Ilustrasi pasangan bertengkar. Shutterstock.com

Ajeng menambahkan, kalaupun terjadi konflik dengan pasangan, suasana ribut itu tidak selamanya buruk. Justru lewat konflik, individu akan mengetahui kebutuhan pasangannya asalkan pertengkaran yang terjadi adalah pertengkaran yang sehat. Pertengkaran sehat terjadi ketika pasangan saling mengemukakan pendapat dan masing-masing punya solusi untuk menyelesaikan konflik. Kedua belah pihak harus dalam posisi menang atau win-win solution.

Sebaliknya, pertengkaran yang tidak sehat umumnya tidak berujung dengan solusi dan kompromi. Akibatnya, konflik akan terus berulang. Ajeng berpendapat frekuensi pertengkaran dalam rumah tangga belum tentu menandakan sebuah hubungan pernikahan tidak sehat. Selama konfliknya terpecahkan, kuantitas pertengkaran dalam hubungan nantinya akan berkurang dengan sendirinya. Lantas bagaimana dengan pasangan yang tidak pernah bertengkar?

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."