Resolusi 2018: Merawat Kulit, Pakai Tabir Surya dan Pelembap

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita cantik. shutterstock.com

Ilustrasi wanita cantik. shutterstock.com

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Jelang akhir tahun 2017, saatnya membuat resolusi 2018 sebagai tujuan atau arahan untuk aktivitas sehari-hari. Walaupun hal tersebut sering dibuat di awal tahun baru, biasanya mendekati pertengahan tahun sudah sering dilupakan.

Untuk resolusi 2018 mendatang, buatlah yang tidak mudah untuk dilupakan terutama dalam hal kecantikan. Resolusi ini sangat penting untuk memastikan kita memiliki rencana merawat kecantikan kulit, rambut, dan wajah sepanjang tahun. Mengutip Teen Vogue, berikut ini adalah lima resolusi kecantikan yang dapat diwujudkan di tahun 2018. 

#1. Menggunakan tabir surya setiap hari
Ilustrasi Sunblock/krim tabir surya. Shutterstock.com

Seringkali kita merasa tidak perlu menggunakan tabir surya, kecuali kalau berencana untuk pergi ke pantai. Padahal, di hari yang panas atau hujan, kulit kita membutuhkan lapisan perlindungan dari tabir surya untuk menjaga kesehatannya. Semakin banyak orang yang terkena kanker kulit, padahal tinggal di tempat dingin. Jadi, ingatlah untuk terus menggunakan tabir surya dengan minimum SPF 30 atau lebih tinggi pada wajah, leher, dan belakang tangan untuk menghindari kerusakan kulit dari matahari.

#2. Menggunakan pelembab pada seluruh area kulit setiap hari
Kulit yang kering dapat menyebabkan jerawat, gatal-gatal, dan banyak masalah kulit lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan pelembab secara rutin setiap kali selelai mandi dan membersihkan wajah. 

Baca juga:
Produk Makeup yang Wajib Dibawa Saat Liburan
Libur Panjang Kamu Masih Kerja, Tetap Berfokus dengan 7 Cara Berikut
Kaleidoskop 2017: 10 Momen Fashion Terbaik

#3. Jangan meminjamkan produk makeup mata
Seorang model sedang menggunakan eyeliner saat berada dibelakang panggung jelang pertunjukan Hanae Mori karya desainer Yu Amatsu dalam acara Mercedes Benz Fashion Week Tokyo 2015 S/S di Shibuya Hikarie, Tokyo, Jepang, 13 Oktober 2014. Lisa Maree Williams/Getty Images

Dari maskara sampai eye shadow, jangan pernah meminjamkan atau meminjam produk makeup mata. Hal tersebut dapat menyebabkan kelopak mata terkena infeksi bakteri, virus, atau penyakit mata merah. Sebaiknya beli atau terus membawa produk makeup mata sendiri, dan ingatkan bahayanya kepada teman yang suka meminjam. 

#4. Tidak memencet jerawat
Ilustrasi gadis atau anak perempuan memencet jerawat. shutterstock.com

Jerawat di wajah kadang membuat gemas, tapi tahan keinginan untuk memecahkannya. Walaupun hal tersebut sangat memuaskan untuk dilakukan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter  atau diamkan saja. Daripada memecahkan jerawat dengan kuku, gunakan produk yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat atau retinol.

#5. Hindari menggunakan catokan dan pengering rambut
Sering menggunakan catokan dan pengering rambut dapat merusak tekstur rambut. Sebaiknya ada jeda dalam beberapa hari seminggu untuk tidak menggunakan catokan atau pengering rambut. Jika terpaksa harus menggunakannya jangan lupa gunakan pelindung rambut sebanyak mungkin.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."