5 Kegiatan yang Paling Ingin Dilakukan Ketimbang Terjebak Macet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi kemacetan lalu lintas. TEMPO/Dian Triyuli Handoko

Ilustrasi kemacetan lalu lintas. TEMPO/Dian Triyuli Handoko

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah riset yang dilakukan sistem transportasi online Uber menunjukkan sebanyak 84 persen pengendara mobil di Jakarta menyatakan yang paling menjengkelkan saat berkendara adalah sewaktu terjebak macet. Dari data tersebut, diketahui rata-rata pengendara mobil menghabiskan waktu sekitar 1 jam 8 menit setiap hari ketika terjebak macet dan 21 - 30 menit setiap hari untuk mencari parkir.

Baca juga:
Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Terjebak Macet
Internet Lelet Sebabkan Stres Lebih Parah Ketimbang Macet

Apabila dijumlahkan, waktu terbuang tersebut setara dengan dengan 24 hari dalam setahun. Padahal, waktu sangat berharga dan waktu yang telah terbuang tidak akan kembali. Lantas, apa yang bisa kita lakukan dengan waktu yang selama ini dihabiskan ketika terjebak macet?

1. Berolahraga

Saat ini, banyak warga Jakarta yang menggemari gaya hidup sehat, dimulai dari mengkonsumsi makanan sehat dan juga berolahraga. Tetapi, banyak orang yang tidak berolahraga karena alasan “tidak ada waktu”. Bayangkan jika kamu tidak terjebak macet. Waktu tersebut bisa digunakan untuk berolahraga setiap hari.

2. Membaca buku

Membaca buku adalah cara yang sangat efektif untuk memperluas wawasan. Dengan membaca buku, kamu dapat memperluas pengetahuan dan melatih otak kamu. Tetapi, banyak orang yang masih kurang membaca buku, dan salah satu alasannya adalah tidak punya waktu untuk membaca. Jika Jakarta tidak macet, kamu dapat menggunakan waktu tersebut untuk membaca buku pilihan kamu.

Baca Juga:

3. Menonton acara televisi favorit

Kamu pasti mempunyai acara TV kesukaan bukan? Acara TV rata-rata berdurasi satu jam, dan ceritanya pun terus berlanjut. kamu tentu akan kesulitan untuk mengikuti cerita dari acara TV tersebut jika ketinggalan satu episode. Jika kamu tidak terjebak macet, kamu dapat meluangkan waktu untuk menonton acara TV kesukaanmu setiap harinya.

4. Meluangkan waktu bersama keluarga

Dengan sibuknya pekerjaan, kamu mungkin kurang memiliki waktu untuk diluangkan bersama teman atau keluarga. kamu semakin jarang bertemu dengan orangtua ataupun pasangan dan anak. Jika kamu tidak terjebak macet setiap harinya, kamu dapat meluangkan lebih banyak waktu bersama keluarga tercinta.

5. Tidur

Menurut riset, manusia membutuhkan tidur selama 6-8 jam setiap malamnya. Karena macet, kamu harus bangun lebih pagi dari waktu yang seharusnya kamu bangun, yang berarti jam tidur kamu akan berkurang. Selain itu, kamu juga bisa beristirahat hingga 45 menit di siang hari. Kalau kamu memiliki waktu lebih karena tidak terjebak macet, kamu dapat menggunakan waktu tersebut untuk menambah jam tidur kamu.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."