Tips Melindung Anak dari Infeksi saat Musim Hujan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi anak sakit. Shutterstock

Ilustrasi anak sakit. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMusim hujan membawa banyak kelembapan ke udara yang merupakan alasan utama di balik meningkatnya partikel tersuspensi berbahaya di udara yang dapat menyerang anak-anak. Peluang untuk jatuh sakit meningkat, sehingga penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan anak-anak kita.

Bukan rahasia lagi jika air hujan atau genangan air yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya berbagai kuman berbahaya - bakteri, virus, dan serangga yang dapat bersentuhan dengan anak-anak saat bermain di luar ruangan sehingga menyebabkan infeksi. Begitu pula dengan air minum yang bisa menjadi kotor dan terkontaminasi akibat kuman saat hujan lebat sehingga berpotensi meningkatkan risiko tertular infeksi saluran cerna.

Dalam wawancara dengan HT Lifestyle, Dr Abimanyu Sengupta, Konsultan Senior Dokter Anak di Rumah Sakit Wanita dan Anak Ankura di Pune mengatakan fluktuasi suhu dan udara dingin dan lembap dapat berbahaya bagi anak-anak yang menyebabkan infeksi yang berhubungan dengan hidung dan tenggorokan. serta gangguan pernapasan alergi yang mengakibatkan terhambatnya saluran pernapasan.

Ia menyoroti bahwa ada peningkatan risiko terkena penyakit infeksi berikut selama musim hujan pada anak-anak antara lain:

1. Penyakit saluran pencernaan

Hal ini dapat disebabkan karena berbagai sebab seperti memakan jajanan pinggir jalan yang dibuat di tempat terbuka atau lingkungan yang tidak bersih yang meningkatkan kemungkinan kontaminasi makanan. Minum atau makan makanan dan cairan yang terpapar berbagai kuman berbahaya dapat menyebabkan gejala seperti diare, nyeri di perut, kembung, dan muntah-muntah. Keracunan makanan sering terjadi sehingga tindakan pencegahan yang memadai perlu diikuti.

2. Infeksi saluran pernapasan

Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat mendorong penyebaran dan penularan kuman saluran pernapasan serta melemahkan sistem kekebalan anak, sehingga membuat mereka lebih rentan terkena infeksi saluran pernapasan. Hujan deras dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap polusi udara yang dapat membahayakan anak-anak. Dengan menghirup udara yang tercemar ini, anak-anak dapat mengalami berbagai gangguan pernafasan seperti batuk, sakit tenggorokan, bersin, mengi dan pilek.

3. Demam berdarah dan malaria

Air yang disimpan dalam wadah atau ember terbuka untuk berbagai keperluan rumah tangga dapat menjadi tempat berlindung bagi nyamuk berbahaya seperti Aedes dan Anopheles, yang masing-masing merupakan vektor demam berdarah dan malaria. Nyamuk ini berkembang biak di air yang tergenang, genangan air, dan air di pot bunga, serta wadah. Anak-anak dapat mengalami berbagai gejala seperti demam, keringat berlebih, menggigil, kelelahan, nyeri di belakang mata, serta iritasi dan ruam pada kulit.

Berbicara tentang tips menjaga anak Anda dari penyakit yang berhubungan dengan musim hujan, Dr Abimanyu Sengupta memberikan tips melindungi anak dari infeksi: 

1. Anak-anak sebaiknya menghindari sering terkena air hujan.

2. Jagalah kebersihan lingkungan sekitar, jangan biarkan air menggenang di dekat rumah atau di dalam panci, ban, atau drum - untuk mengurangi risiko demam berdarah dan malaria.

3. Kenakan pakaian yang pantas seperti kaos lengan penuh dengan celana jeans atau celana yang dapat dengan mudah menutupi seluruh tubuh agar tidak digigit nyamuk.

4. Hindari mengonsumsi jajanan pinggir jalan atau junk food yang disiapkan di luar ruangan karena terdapat peningkatan kemungkinan kontaminasi akibat kuman berbahaya; sebagai gantinya cobalah makan makanan segar sehat yang dimasak di rumah.

5. Orang tua harus memastikan anak mengonsumsi makanan seimbang yang meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Mandi setelah beraktivitas di luar ruangan terutama saat hujan deras, untuk menghilangkan kuman.

7. Jangan mengobati sendiri demam dan pilek pada anak-anak atau mencoba pengobatan rumahan apa pun. Anak tersebut harus segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis sebelum gejalanya memburuk.

8. Batasi anak untuk sering menyentuh atau mengucek mata dengan tangan yang kotor dan tidak dicuci karena dapat meningkatkan risiko infeksi mata.

Pilihan Editor:  Cegah Anak dari Penyakit Diare di Musim Hujan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."