Cerita Jastiper Raup Untung Lebih Rp 10 Juta di Event Jakarta x Beauty 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Suasana pengunjung di acara Jakarta X Beauty (JXB) 2024 di Jakarta Convention Center, Jumat 7 Juni 2024. Tahun ini, para pengunjung dapat berburu berbagai produk kecantikan, mulai dari skincare, make-up, hingga parfum di JXB. Ada lebih dari 400 brand lokal maupun internasional yang memeriahkan acara ini. TEMPO/Tony Hartawan

Suasana pengunjung di acara Jakarta X Beauty (JXB) 2024 di Jakarta Convention Center, Jumat 7 Juni 2024. Tahun ini, para pengunjung dapat berburu berbagai produk kecantikan, mulai dari skincare, make-up, hingga parfum di JXB. Ada lebih dari 400 brand lokal maupun internasional yang memeriahkan acara ini. TEMPO/Tony Hartawan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ajang pameran kecantikan Jakarta x Beauty 2024 atau JxB baru saja digelar selama empat hari di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis-Minggu, 6-9 Juni 2024. Selain pengunjung yang memadati gerai-gerai kosmetik dan skincare ternama, banyak juga para pedagang jastiper atau bisnis jasa titip membeli produk.

Mereka rata-rata membawa koper agar barang belanjaannya muat disimpan serta ringan dibawa-bawa.

Salah satunya Nmsagita yang akrab disapa Lisa. Perempuan 28 tahun ini mengaku sudah menghadiri JxB sebagai jastiper sejak 2020.

"Sebenarnya ini iseng-iseng aja heheh. Sambil meluangkan waktu aja, karena di JxB promonya gila-gilaan," ucap Lisa kepada Cantika. Dia seorang ibu rumah tangga dan pedagang di pasar tekstil Tanah Abang, Jakarta.

Zona jastiper bisa menitip koper atau barang di Jakarta x Beauty 2024, JCC, Jakarta, Minggu, 9 Juni 2024. Foto: CANTIKA/Rezki Alvionitasari.

Saat ada event JxB, Lisa akan meluangkan waktunya dari pagi hingga malam untuk berada di lokasi ajang tersebut. Terkadang dia ditemani oleh suami untuk berburu pesanan para customer.

"Dari gerbang dibuka jam sepuluh pagi, aku datang jam 9, pulang jam 10 malam," ujar Lisa tertawa. Event JxB 2024 dimulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya.

Untuk barang yang dia beli adalah skincare dan makeup. Bukan cuma dapat keuntungan dari ongkos atau fee jastip, Lisa mengaku juga menaikkan harga barangnya hingga 30 persen. 

Alhasil, dari modalnya, Lisa bisa mendapatkan untung hingga 75 persen. Orang-orang yang memakai jasa titip ke Lisa antara lain keluarga dan teman-teman yang satu grup dengannya.

Saat ditanya total belanjaanya, Lisa merogoh kocek puluhan juta. "Tergantung nominal produk sih kak, aku pernah belanja total 35 juta," ujar Lisa. "Tahun ini kira-kira keuntunganku di atas 10 juta," ujar Lisa.

Meski mendapat keuntungan di atas Rp 10 juta selama 4 hari, Lisa dia tetap berhemat untuk urusan kebutuhan di acara JxB. Misalnya, dia membawa tempat bekal dan botol air putih. Lisa juga mengikuti giveaway agar bisa mendapatkan tiket JxB secara gratis.

Para Jastiper memburu produk skincare dan makeup di Jakarta X Beauty 2024/Foto: CANTIKA/Foto: Rezki Alvionitasari

Berbeda dengan Lisa yang sudah empat tahun jadi jastiper di JxB, ini adalah pengalaman pertama bagi Arrir Annisa sebagai jastiper. Perempuan 26 tahun itu mesti ditemani oleh kakak iparnya, Ratna Maulina, berbelanja hingga menyusun skincare dan makeup di koper dan tasnya.

Mereka yang tinggal di Jakarta Timur itu tiba di JCC siang dan pulang saat sore hari. Namun di hari terakhir event ini, mereka ingin tinggal hingga malam.

"Kami mau lihat animonya kalau malam hari," tutur Arrir yang akrab disapa Riri. Mereka berburu barang saat flash sale atau di jam-jam diskon.

Arrir mengaku menghabiskan Rp 5 juta sehari di ajang JxB. Biasanya dia mengeluarkan modal dulu sebelum barang diserahkan atau dikirim ke pelanggan. Namun jika uangnya sudah kurang, dia meminta customer untuk menalangi.

Wah seru ya jadi jastiper di ajang JxB, dapat pengalaman, berburu diskon, sensasi berbelanja sambil berdesakan plus dapat cuan.

Pilihan Editor: Keseruan Jastiper Memburu Produk Ini di Jakarta X Beauty 2024, Tunggu Momen Flash Sale

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."