Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Z Agar Jadi Kebiasaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mengelola keuangan. Shutterstock

Ilustrasi mengelola keuangan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Sahabat Cantika, merujuk hasil riset OCBC Financial Fitness Index (FFI) 2023 skor kesehatan finansial generasi muda di Indonesia menunjukkan angka 41,16, padahal angka idealnya di atas 75.  Hal itu menarik perhatian  Nyala Financil Trainer, Widya Yuliarti, CFP yang memaparkan apa saja kendala generasi Z atau Gen Z dalam mengatur keuangan. 

Menurut dia beberapa kendala yang dihadapi oleh generasi Z adalah, pertama tidak pernah membuat tujuan yang spesifik, tidak pernah tahu kapan harus berhenti menabung dan investasi, dan tidak pernah tahu juga kapan tabungan yang dimiliki boleh terpakai. 

Lantas apa seperti apa tahap awal menyiapkan kesehatan keuangan yang bisa dilakukan oleh Gen Z? Widya membaginya dalam piramida keuangan sebagai langkah merencakan keuangan yang tepat. Pertama, financial basic yang meliputi cicilan KPR, belanja tanpa mempengaruhi perencanaan keuangan, dan manajemen hutan. 

"Disusul dengan financial safety yakni menabung rutin, keuangan keluarga, dana darurat, dan asuransi. Dilanjutkan financial growth berupa investasi dan dana pensiun. Sampai di tahap paling puncak yakni pendapatan pasif secara rutin atau financial freedom," ucap Widya dalam Media Chit Chat #BangkitSehatFinansial Bersama Life Goals OCBC di Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024. 

Nyala Financil Trainer, Widya Yuliarti, CFP di acara Media Chit Chat #BangkitSehatFinansial Bersama Life Goals OCBC di Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024./Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Widya pun membagikan tips mengatur keuangan untuk Gen Z seperti berikut ini: 

1. Cek kesehatan keuangan 

Alasannya agar mengetahui kondisi keuangan saat ini sebenarnya bagaimana, agar tahu apakah tabungan selama ini sudah cukup atau belum. Supaya apakah budgeting yang kamu lakukan sudah sesuai atau belum, dan memahami langkah pertama yang harus dilakukan untuk memperbaiki keuangan kamu. 

"Ternyata pada 2023 skor kesehatan finansial orang Indonesia mencapai 41,16 %, sebagai perbandingan angka kesehatan finansial di Singapura ada di angka 61," ucap Widya. 

2. Berikan tugas dari setiap pendapatan yang diterima 

Jangan biasakan uang kamu dibiarkan tidak diberi tugas, aturlah sesuai dengan alokasi masing-masing dalam pos pendapatan dan pengeluaran.

3. Jadilah pribadi yang bertanggungjawab 

Kalau sejak mahasiswa pendapatan terbatas tidak bisa atur keuangan apakah kamu bisa bertanggung jawab kalau punya pendapatan yang besar?

4. Coba atur keuangan secara terbalik 

Jangan fokus untuk mengeluarkan uang terlebih dahulu, tetapi coba fokus untuk menabung di hari pertama mendapat uang jajan atau pendapatan.

5. Pembagian tugas uang yang kamu miliki 

Mulai dari pendapatan aktif, investasi, pasif, pengeluaran produktif, pengeluaran kebutuhan, dan pengeluaran keinginan. "Hacknya adalah menaikkan pengeluaran produktif dan kurangi bahakan hilangkan pengeluaran yang sifatnya keinginan," imbau Widya. 

Jadi bagaimana, berani memulai? 

Pilihan Editor: Tips Aman Kelola Keuangan untuk Milenial

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."