Kopi Kenangan Rilis Aneka Pastry, Lobster Tail Pistachio Chocolate

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Almond Croissat Pralinette, menu Kenangan Boulangerie. Tempo/Yunia Pratiwi

Almond Croissat Pralinette, menu Kenangan Boulangerie. Tempo/Yunia Pratiwi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menyeruput kopi rasanya tak lengkap tanpa camilan. Sesuai selera masing-masing, camilannya pun bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah pastry.  Chef Thomas Meneau, Executive Chef of Kenangan Brands dari Kopi Kenangan, memperkenalkan menu pilihan pastry dan brioche Kenangan Boulangerie, yang sudah dipadukan dengan cita rasa khas Asia, terutama orang Indonesia. 

Beberapa yang unik di antaranya Pain au Chocolate, Almond Croissant Pralin ette, Lobster Tail Pistachio Chocolate, Macha Brioche au Craquelin dan Cronigiri. Pain au chocolate mungkin sudah sering banyak ditemukan di toko roti lainnya. 

Bentuknya pun hampir sama, hanya saja lapisan pastrinya lembut dan mengkilap. Kesan pertama saat mencobanya, pastri ini terasa lembut dan buttery saat digigit. Selain itu isian cokelatnya dibiarkan padat.

Roti dengan teknik Prancis cita rasa Asia

Chef Thomas merekomendasikan cara memakannya dengan membelah pastry itu menjadi dua bagian, lalu menyantapnya. "Cara terbaik menikmati paun au chocolate, langsung saja mengigitnya, atau mencelupkannya ke dalam kopi," ujarnya, di Jakarta, Rabu 5 Juni 2024. 

Sesuai dengan tujuan Chef Thomas menggabungkan cita rasa timur dan barat, ditunjukkan lewat Cronigiri. Pasti berbentuk segitiga mengingatkan pada nasi kepal berbentuk serupa khas Jepang.

Namun kali ini disajikan dengan isian krim telur asin yang dibuat khusus serta dilapisi dengan topping bubuk telur asin. Tapi jangan harap rasanya asin, karena rasa manisnya cukup mendominasi meski tidak berbau amis. Uniknya cara memakannya adalah dengan membagi dua pastinya atau dipiipihkan dulu agar semua rasanya menyatu.

Inovasi lain Chef Thomas adalah pastry yang dibuat menyerupai ekor lobster, sebab itu diberi nama Lobster Tail Pistachio Chocolate. Roti pipih ini sekilas nampak biasa saja. Namun dua sisinya ternyata memiliki tekstur berbeda. Satu sisi jika digigit terasa garing dan lembut, sedangkan sisi lainnya dilengapi dengan isian campuran cokelat dan pistachio. Roti ini cocok untuk yang tidak suka camilan manis. 

"Menu ini yang paling menantang, jadi saya bersyukur jika banyak yang menyukainya, karena banyak tantangan untuk membuat roti ini," kata Chef Thomas. 

Proses riset selama tiga bulan

Chef keturunan Prancis ini, mengatakan proses riset dan pengembangan menu roti dan pastry untuk Kenangan Boulangerie ini membutuhkan waktu hampir tiga bulan. "Selama tiga bulan terakhir kami melakukan riset dan pengembangan, dengan banyak sekali percobaan dan tes untuk menyesuaikan rasanya," kata Chef Thomas, di Jakarta, Rabu 5 Juni 2024.

Hal tersebut dibenarkan oleh CEO Kenangan Brands, Edward Tirtanata. Menurutnya salah satu kesulitannya adalah bahan baku yang tidak tersedia di Indonesia. "Jadi kenapa dengan penyesuaian resepnya dan trial dan erornya sampai banyak yang gagal, sampai bisa jadi kelima produk unggulan itu sangat complicated," ujarnya. 

Edward menambahkan, Kenangan Boulangerie hadir sebagai jawaban untuk teman minum kopi. Deretan roti bergaya Prancis ini dibanderol mulai dari Rp 25 ribu hingga 40 ribu dan akan tersedia di semua Kenangan Heriatage dan Kenangan Siganture secara bertahap. "Karena pembuatan produk Boulangerie ini cukup rumit, kita mulai dua toko, dua toko, dan akhirnya nanti kemungkinan akan berada at least 20 toko di Jabodetabek," katanya. 

Pilihan Editor: Kopi Kenangan Buat Menu Ramadan Berbahan Blewah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."