7 Manfaat Tranexamic Acid untuk Kulit, Mengatasi Jerawat dan Flek Hitam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita pakai serum. Freepik.com/Master1305

Ilustrasi wanita pakai serum. Freepik.com/Master1305

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penggunaan asam dalam perawatan kulit bukanlah sebuah konsep baru. Di antara semuanya, asam traneksamat atau tranexamic acid adalah salah satu bahan yang belum mendapatkan momentum sebagai bahan topikal peremajaan kulit di kalangan masyarakat. Dibandingkan dengan bahan-bahan aktif populer lainnya, tranexamic acid adalah salah satu bahan yang cocok untuk hampir semua jenis kulit – kulit berminyak, kombinasi, kering, berjerawat, dan normal – serta mengatasi berbagai masalah kulit.

Beberapa peneliti perawatan kulit berspekulasi kesamaan tranexamic acid dengan bahan aktif lain seperti vitamin C, hidrokuinon, asam fitat, niacinamide, dan bahkan retinol dalam beberapa kasus. Namun, sebagian besar dipahami sebagai agen pencerah dan depigmentasi kulit, yang menargetkan masalah kulit seperti pigmentasi epidermis, peradangan pasca-jerawat, dan kerusakan akibat sinar matahari. Hal ini banyak digunakan sebagai pengobatan topikal untuk pasien dengan melasma.

Apa Itu Tranexamic Acid dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sering disalahartikan sebagai eksfolian atau asam hidroksi, tranexamic acid sebenarnya merupakan turunan sintetis dari asam amino lisin. Meskipun minyak ini sudah banyak digunakan dalam pengobatan dan pencegahan gangguan pendarahan, para ahli baru mengetahui manfaat perawatan kulitnya dalam 10 tahun terakhir.

Tranexamic acid juga inhibitor plasmin dan agen anti-fibrinolitik, yang bekerja dengan cara menghambat melanosit untuk mencerahkan sel kulit. Selain itu, tranexamic acid adalah bahan yang larut dalam air yang menunjukkan sifat anti-inflamasi, anti-angiogenik, dan hipo-pigmentasi untuk menenangkan serta mengobati jerawat hingga meredakan kambuhnya rosacea melalui aplikasi topikal.

Manfaat Tranexamic Acid untuk Kulit

1. Mengurangi Flek Hitam dan Melasma

Manfaat tranexamic acid yang paling menonjol bagi kulit adalah tindakannya yang memperbaiki warna kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tranexamic acid membantu mengurangi pigmentasi pada area kulit yang dipenuhi melanin, yang terlihat dalam bentuk bintik hitam, bintik-bintik penuaan, bahkan melasma.

Sebagai bahan aktif pencerah kulit, tranexamic acid memiliki fungsi serupa dengan hidrokuinon dan deksametason. Namun, efek samping dari dua obat terakhir lebih besar, sehingga tranexamic acid  menjadi solusi yang lebih lembut dan aman.

2. Mengatasi Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Kulit yang terpapar sinar ultraviolet sering kali mengalami bintik matahari, kulit kecoklatan, peradangan, kemerahan, dan hiperpigmentasi, yang dapat mengubah penampilan seseorang dan menghalangi kecerahan kulit. Namun, dengan penggunaan tranexamic acid topikal secara teratur, ketidaksempurnaan yang mengganggu ini dapat dikurangi secara signifikan untuk mendapatkan warna kulit yang merata.

3. Mengurangi Jerawat

Tranexamic acid memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menyembuhkan berbagai masalah kulit, mengingat banyak di antaranya berasal dari peradangan. Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang umum, yang mendapat banyak manfaat dari asam traneksamat.

Selain itu, penelitian berspekulasi bahwa efek hipopigmentasi tranexamic acid dapat membantu meringankan kemerahan pada bekas jerawat, sehingga memperbaiki warna kulit secara keseluruhan. Oleh karena itu, tranexamic acid merupakan tambahan yang bagus untuk rutinitas perawatan kulit bagi mereka yang memiliki kulit rentan berjerawat.

4. Meningkatkan Pemulihan Skin Barrier

Fungsi pelindung kulit atau skin barrier yang optimal berperan penting untuk mencegah dan mempercepat proses penyembuhan masalah kulit yang mengganggu dan menjaga homeostatis kulit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tranexamic acid secara topikal dapat mempercepat proses penyembuhan pelindung kulit dan memfasilitasi perbaikan diri, untuk kulit yang lebih sehat secara keseluruhan. Namun, mengingat hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut, disarankan untuk tidak menukar bahan aktif ini dengan bahan aktif lain seperti ceramide topikal, squalene, niacinamide.

5. Membantu Mengatasi Rosacea

Gejala umum rosacea adalah indikator rusaknya pelindung kulit. Asam traneksamat, dengan sifat anti-inflamasi dan perbaikan penghalang, dapat sangat membantu dalam mengurangi timbulnya rosacea dan kemerahan, sehingga meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit.

6. Membantu Mengurangi Kerutan

Ini adalah fakta yang kurang diketahui tentang sifat-sifat tranexamic acid, namun penting. Sebuah studi prospektif yang dilakukan oleh Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa tranexamic acid menunjukkan beberapa manfaat peremajaan kulit, yaitu membantu mengurangi volume dan area kerutan pada kulit.

Hasilnya cenderung lebih terlihat pada jenis kulit di mana kerutan disebabkan oleh kulit yang sangat kering, seperti yang ditunjukkan dalam percobaan kulit tikus.

7. Mengurangi Warna Kulit Tidak Merata

Dengan mengurangi munculnya hiperpigmentasi, tranexamic acid memperbaiki corak dan warna kulit secara keseluruhan. Ini dapat memberikan efek mencerahkan yang mengesankan pada kulit kusam dan lebih lembut dibandingkan hidrokuinon topikal.

Pilihan Editor: Mengenal Apa Itu Bentonite Clay, Manfaat, dan Efek Sampingnya untuk Kulit

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."